Sukses

Cara Memantau Penggunaan Data di Aplikasi Android

Liputan6.com, Jakarta - Pernah kesal karena kuota internet tiba-tiba habis, padahal kamu merasa tak melakukan aktivitas yang menyedot banyak kuota? Soal ini, ada sejumlah faktor yang menjadi penyebabnya.

Beberapa di antaranya adalah fitur Auto-Update aplikasi yang aktif atau sejumlah aplikasi yang berjalan di proses latar belakang (background process) ternyata masih terus aktif dan mengakses internet. Untuk memastikan hal ini, kamu sebetulnya bisa memantau data yang dikonsumsi sejumlah aplikasi.

Kamu bisa mengetahui aplikasi mana saja yang banyak mengonsumsi banyak kuota, baik ketika dibuka maupun saat berjalan di belakang. Dikutip dari Make Use Of, Jumat (3/3/2017), untuk melakukannya kamu cukup membuka 'Settings' dan memilih 'Data Usage'.

Setelah terbuka, kamu bisa melihat daftar penggunaan data di masing-masing aplikasi. Daftar itu secara otomatis akan menampilkan aplikasi dengan konsumsi data terbanyak, sehingga kamu bisa langsung mengetahui sumber masalah. Buka aplikasi yang dimaksud, dan kamu bisa mengetahui detail berapa banyak data yang sudah digunakan aplikasi tersebut.

Apabila merasa perlu membatasi akses data dari aplikasi tertentu, kamu bisa mengaktifkan 'Restrict background data' pada bagian Settings. Selain itu, jangan lupa mengatur fungsi pembaruan otomatis di Google Play Store.

Pastikan fungsi auto-update mati, atau kamu bisa mengaturnya agar melakukan pembaruan otomatis hanya saat terhubung ke Wi-Fi.

Dengan demikian, kamu bisa mengurangi risiko kuota internet yang tersedot tanpa diketahui. Selain itu perhatikan pula penggunaan internetmu dalam jangka waktu tertentu, agar kamu bisa membeli paket internet yang paling sesuai dengan kebutuhan.  

(Dam/Why)