Sukses

Google Assistant Bakal Sambangi iPhone?

Belum bisa dipastikan kapan asisten virtual besutan Google itu akan meluncur ke iPhone.

Liputan6.com, California - Siri, asisten virtual besutan Apple, tampaknya bakal punya teman baru. Baru-baru ini, Google memberikan teaser asisten virtual buatannya, Google Assistant, akan menyambangi iPhone.

Pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2017 yang diadakan di Barcelona belum lama ini, Product Management Director Google, Gummi Hafsteinsson, mengaku tertarik untuk mengembangkan Google Assistant ke smartphone lain di luar OS Android. Ia pun memberikan isyarat seolah smartphone tersebut adalah iPhone.

"Bisa saja Google Assistant akan hadir di 'salah satu smartphone terpopuler' di dunia," imbuhnya seperti dikutip Business Insider, Minggu (6/3/2017).

Pun begitu, Hafsteinsson belum memastikan kapan Google Assistant akan dirilis untuk iPhone. "Yang pasti, kami memiliki filosofi di mana ingin menciptakan asisten khusus Google ke pengguna sebanyak mungkin," ia menuturkan.

Jauh sebelum Google Assistant dikabarkan rilis untuk iOS, asisten cerdas tersebut sudah lebih dulu dipastikan meluncur ke perangkat di luar Pixel. Awal bulan ini, sejumlah pengembang berhasil menemukan kehadiran asisten virtual itu pada versi alpha dari aplikasi Google Now (versi 6.13).

Untuk informasi, Google Assistant awalnya hanya dapat digunakan dan tersedia secara eksklusif di perangkat Pixel saja. Namun dengan pengumuman resmi ini, Google memastikan ribuan dari jutaan perangkat Android bisa merasakan pengalaman memakai asisten virtual tersebut.

Google Assistant sendiri merupakan pembaruan Google Now yang mendukung percakapan dua arah dan pencarian lebih akurat. Lewat fitur ini memungkinkan pengguna Pixel membuat janji, bertanya soal informasi apa pun, termasuk terhubung dengan perangkat Google lain, seperti Google Home.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini