Sukses

NASA Gelar Kontes Pencarian Nama 7 Planet Mirip Bumi

Ketujuh planet baru ini diyakini memiliki ukuran yang sama dengan Bumi.

Liputan6.com, California - NASA menemukan 7 planet asing (exoplanet) di luar Tata Surya, pekan lalu. Ketujuh planet baru ini diyakini memiliki ukuran yang sama dengan Bumi. Bahkan, 3 di antaranya memiliki karakteristik yang sama, seperti munculnya perairan besar di permukaan.

Jajaran planet berada di dalam formasi bintang ultracool yang disebut "Trappist-1".

Untuk saat ini, Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut cuma menamai ketujuhnya dengan sebutan Trappist-1 b, c, d, e, f, g, dan h. Belum ada nama resmi yang cocok dipakai ketujuh planet itu.

Untuk itu, NASA pun mengumumkan kontes di media sosial agar para netizen bisa mencari nama yang sesuai.

Pada laman Twitter-nya, NASA memasang tagar #7NamesFor7NewPlanets agar netizen bisa langsung mencari dengan mudah hasil usulan nama yang pas.

Seperti dilansir Telegraph, Minggu (5/3/2017), usulan netizen untuk ketujuh nama planet Trappist-1 sangat bervariasi. Kebanyakan, usulan nama planet terdengar seperti lelucon atau sekadar iseng belaka.

Ada yang memberikan nama dengan referensi film 'The Fast and The Furious' hingga 'Harry Potter'. Jika penasaran dengan usulan nama-namanya, kamu bisa lihat langsung di bawah ini:

Kendati demikian, dari semua usulan nama yang dikumpulkan netizen, NASA tak akan memilih nama dari kontes tersebut. Nama resmi planet-planet ini nantinya akan dikeluarkan dari Internatioanal Astronomical Union (IAU).

(Jek/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini