Sukses

Disorot Media Asing, Presiden Jokowi Jadi Vlogger Populer

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo mengunggah sebuah video blog (vlog) yang memperlihatkan aktivitasnya dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Dalam beberapa waktu saja, vlog berjudul Jamuan Makan Siang Bersama Raja Salman yang mulanya diunggah di Facebook pada Rabu, 1 Maret 2017 itu dibanjiri viewer.

Sehari setelahnya, vlog Jokowi diunggah di laman berbagi video YouTube melalui channel resmi Presiden Joko Widodo. Tak kalah, dalam dua hari, vlog itu ditonton lebih dari 1,5 juta viewers.

Aksi nge-vlog pria yang karib disapa Jokowi ini pun menarik perhatian media, termasuk media asing Mashable. Dalam sebuah laporannya, media itu menyebut bahwa akun Presiden Jokowi memiliki lebih dari 100 ribu subscribers.

Salah satu yang disoroti Mashable adalah vlog Presiden Jokowi bersama Raja Salman. "Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Saat ini saya sedang bersantap siang dengan Yang Mulia Sri Baginda Raja, Salman bin Abdulaziz Al Saud. Beliau baru makan," ujar Jokowi di vlog berdurasi 2 menit 20 detik tersebut.

Raja Salman pun menyapa masyarakat Indonesia dalam vlog itu. "Saya sangat senang berada di Indonesia dan sambutan masyarakat Indonesia, dan saat ini saya dengan Yang Mulia Presiden Indonesia. Bagi kami, rakyat Indonesia merupakan saudara kami dan juga rakyat yang sangat mulia," begitu kata Raja Salman.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Mashable, Sabtu (4/3/2017), Presiden Jokowi telah mengumpulkan ribuan penggemar. Ia bahkan memiliki tagar khusus yang ditulis pada vlog-nya, yakni #JKWVLOG.

Bukan hanya sekali Presiden Jokowi membuat vlog, sebelumnya ia juga mengunggah dirinya sedang belajar memanah bersama putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Selain itu, ada pula vlog berisi kegiatannya makan jajanan kaki lima bersama dengan para menteri.

Baru-baru ini, channel Presiden Jokowi juga mendapat gelar YouTube Siver Button. Jumlah subscriber kanal milik suami Iriana Joko Widodo ini pun terus bertambah. "Presiden Indonesia melihat dirinya sebagai seorang YouTuber," kata juru bicara layanan berbagi video itu.

Sang juru bicara yang tak disebut namanya itu mengatakan, "Yang menarik dari channel Jokowi adalah bagaimana ia mencoba berbagai pengalaman video. Misalnya, menggunakan video 360 untuk vlog makan bakso selama perjalanan kerjanya. Tiap ia mencoba hal baru, jumlah subsribers-nya selalu naik."

Selain vlog, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memiliki sejumlah akun media sosial. Ia aktif mengunggah foto kegiatannya di Instagram yang kini memiliki lebih dari 3 juta followers. Sementara, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau baru memiliki 986 ribu followers di Instagram.

(Tin/Isk)

Artikel Selanjutnya
VIDEO: Pak Jokowi Suka Album Metallica yang Mana?
Artikel Selanjutnya
Jokowi Mau Beri Sepeda, Netizen Riuh Memperebutkannya