Sukses

Smartphone Terbaru 2017 Januari

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone terbaru 2017 yang diperkenalkan dan dirilis pada bulan Januari lalu, cukup banyak. Menurut pantauan Tekno Liputan6.com, setidaknya ada delapan smartphones, yang berasal dari beberapa vendor, seperti Asus, LG, Samsung, dan lain-lain.

Sebagian dari smartphone tersebut, merupakan flagship smartphone yang menyasar kelas atas, dan sebagian lainnya merupakan smartphone yang menyasar kelas menengah. Bicara soal fitur, beberapa di antara smartphone terbaru 2017 di daftar ini, menawarkan inovasi terbaiknya, semisal dua kamera utama dengan teknologi baru, dukungan terhadap Augmented Reality dan Virtual Reality sekaligus, dan lain-lain.

Penasaran, smartphone apa saja yang masuk ke daftar smartphone terbaru 2017 yang diperkenalkan dan dirilis pada bulan Januari lalu? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Asus Zenfone 3 Zoom

Kamera belakang ZenFone 3 Zoom dibekali resolusi 13MP wide-angle dengan sensor Sony IMX 214. (Liputan6.com/Corry Anestia)

Asus Zenfone 3 Zoom merupakan smartphone terbaru 2017 pertama, yang diperkenalkan pada bulan Januari lalu, di acara Consumer Electronic Show (CES), di Las Vegas, Amerika Serikat. Smartphone ini dibekali dua kamera belakang beresolusi 12MP dan sensor Sony IMX 362, dengan lensa berbeda. Lensa pertama, 25mm wide-angle dan f1/1.7 aperture, sedangkan lensa lainnya 59mm wide-angle yang dapat memperbesar objek dengan 2.3 optical zoom.

Fitur lainnya meliputi kamera depan beresolusi 13MP dengan dukungan sensor Sony IMX 214 dan f/2.0 aperture. Smartphone dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh ini memiliki bentang layar 5,5 inci.

"ZenFone 3 Zoom dirancang sebagai smartphone untuk fotografi profesional dengan teknologi super pixel," ujar Jonney Shih, Chairman Asus saat memperkenalkan produk terbarunya di Las Vegas, Rabu (3/1/2017) yang juga dihadiri Tekno Liputan6.com.

Shih menegaskan posisi Asus sebagai vendor pertama yang menawarkan teknologi "Super Pixel" yang dapat mengurangi noise. Bahkan, ia menyebut ZenFone 3 Zoom memiliki sensitivitas cahaya 2,5 kali lebih baik dari iPhone 7 Plus.

Sayangnya, smartphone ini bukanlah perangkat pertama yang menggunakan Snapdragon 835, melainkan masih memakai Snapdragon 821. Asus juga belum banyak membeberkan soal spesifikasi ZenFone 3 Zoom. Belum diketahui kapan smartphone ini akan tersedia di pasaran secara global, termasuk di Indonesia.

2. LG Stylus 3 

LG Stylus 3. (Doc: LG)

Sama seperti Asus Zenfone 3 Zoom, LG Stylus juga menjadi salah satu smartphone terbaru 2017 yang diperkenalkan pada bulan Januari lalu, di CES. Kabar baiknya, LG Mobile Indonesia memastikan smartphone tersebut akan masuk ke pasar Indonesia.

Suksesor LG Stylus 2 ini akan hadir dengan bentang layar 5,7 inci beresolusi High Definition (HD). Menurut keterangan resmi yang kami terima, Head of LG Mobile Communications Indonesia Hee Gyun Jang mengatakan LG Stylus 3 hadir dengan sejumlah peningkatan fitur dann teknologi pada pena stylus dan layar.

Smartphone ini membidik segmen menengah dengan mengandalkan kamera depan wide-angle. Dibandingkan pendahulunya, LG Stylus 3 mengalami sejumlah peningkatan, pada pena stylus yang lebih runcing dan berdiameter 1,8 mm sehingga presisi lebih baik mendekati pena.

Tersedia kamera utama dan depan masing-masing beresolusi 13MP dan 8MP. Sumber tenaganya berasal dari baterai berkapasitas 3.200mAh dengan dukungan konektivitas Bluetooth, Wi-Fi, dan USB Type B 2.0. LG Stylus 3 akan hadir dengan FM Radio DAB+, stylus, dan pemindai sidik jari.

1 dari 4 halaman

Smartphone Terbaru 2017 Januari

3. Samsung Galaxy A 

Seri Galaxy A versi 2017 yang baru saja diperkenalkan oleh Samsung (sumber: gsmarena.com)

Rival senegara LG, Samsung, turut memperkenalkan seri Galaxy A (2017), yang termasuk ke dalam daftar smartphone terbaru 2017 yang diperkenalkan pada bulan Januari lalu. Indonesia turut menjadi salah satu negara di mana smartphone ini dirilis dan dipasarkan sebulan kemudian.

Sekilas soal spesifikasi, Samsung membenamkan chipset Exynos dengan CPU octa-core dan RAM 3GB di Galaxy A7 (2017). Kamera smartphone berlayar 5,7 ini beresolusi 16MP, baik untuk kamera depan dan kamera belakang. Sementara memori internalnya adalah 32GB yang dapat diperbesar dengan kehadiran slot microSD. Spesifikasi yang sama juga dimiliki oleh Galaxy A5 (2017). Perbedaan hanya terletak pada ukuran layar lebih kecil, yakni 5,2 inci, dan kapasitas baterai.

Adapun Galaxy A3 (2017) merupakan model dengan bentang layar paling kecil yakni 4,7 inci. Samsung menyematkan kamera utama dan depan beresolusi 13MP dan 8MP. Perubahan juga cukup terasa di ukuran RAM yang kini berkapasitas 2GB, lebih besar dari model tahun lalu yang hanya RAM 1,5GB.

Seluruh model Samsung Galaxy A 2017 juga sudah berjalan di Android 6.0 Marshmallow, memiliki USB Type-C dengan kemampuan pengisian daya cepat, dan mengusung fitur pemindai sidik jari. Ketiganya juga sudah memiliki kemampuan antiair dan antidebu.

 

4. Zenfone AR

ZenFone AR diklaim sebagai smartphone pertama di dunia yang mendukung teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) sekaligus. (Liputan6.com/Corry Anestia)

Selain Zenfone 3 Zoom, smartphone terbaru 2017 yang Asus perkenalkan pada bulan Januari lalu adalah ZenFone AR. Smartphone ini merupakan smartphone pertama di dunia yang mendukung teknologi AR dan VR sekaligus. Untuk kedua teknologi itu, Asus menggunakan platform Tango (AR) dan Daydream (VR) milik Google.

Soal ketersediaan di pasar, smartphone ini akan dirilis serentak pada kuartal kedua mendatang. Google selaku penyokong teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) di ZenFone AR memastikan ekosistem aplikasinya akan lebih lengkap pada waktu tersebut.

Saat ini, ZenFone AR baru berkolaborasi dengan label pakaian GAP untuk menambah pengalaman baru saat berbelanja online. Wajar, mengingat teknologi AR sangat cocok digunakan untuk sektor e-Commerce dan gim.

"Kami harap akan banyak aplikasi-aplikasi yang mendukung AR dan VR. Saat ini sudah berkisar 35 aplikasi lebih ," ujar Google Project Tango Leader Johnny Lee ditemui Tekno Liputan6.com di Las Vegas, Rabu (4/1/2017).

Pengguna dapat mencoba pakaian GAP seperti berganti langsung di fitting room melalui ZenFone AR. Begitu juga pengalaman bermain gim akan terasa lebih "hidup" dengan latar dunia nyata.

Mengenai spesifikasi, ZenFone AR mengusung layar 5,7 inci dan 2560 x 1440 Super AMOLED, Asus Tricam System pada kamera 23MP, lengkap dengan motion tracking dan depth sensing. Meski berbekal kapasitas baterai cukup besar yaitu 3.300 mAh, ZenFone 3 tampil lebih ringan dan tipis. Yang tak kalah menarik, ZenFone AR merupakan smartphone pertama di dunia yang dibekali kapasitas RAM 8GB. Smartphone ini berjalan di Android Nougat 7.0 dengan sokongan Snapdragon 821. 

2 dari 4 halaman

Smartphone Terbaru 2017 Januari

5. Xiaomi Mi Mix Warna Putih

Mi MIX edisi warna putih. (Sumber: Xiaomi)

Smartphone terbaru 2017 berikutnya yang diperkenalkan dan dirilis pada bulan Januari lalu adalah Xiaomi Mi Mix edisi warna putih. Smartphone ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2016 dengan warna hitam.

Xiaomi Mi Mix edisi warna putih diperkenalkan langsung oleh Hugo Barra, yang pada saat itu menjabat sebagai VP International Xiaomi, di CES. Adakah perbedaan mencolok antara Mi MIX warna putih dengan yang hitam? Menurut pantauan, tak ada perbedaan signifikan di antara keduanya.

Smartphone ini mengusung Snapdragon 821, RAM 4GB dengan kapasitas penyimpanan internal 128GB, dan RAM 6GB dengan kapasitas penyimpanan internal 256GB. Spesifikasi lainnya, Smartphone ini memiliki kamera utama dengan resolusi 16MP dan kamera depan 5MP.

 

6. Nokia 6

Android 7.0 Nougat di Nokia 6 (Sumber: Phone Arena)

Sebagai salah satu smartphone terbaru 2017 yang meluncur pada Januari lalu, Nokia 6 meluncur di Tiongkok dengan US$ 246 atau sekira Rp 3,2 jutaan. Smartphone ini berjalan di Android 7.0 Nougat.

Nokia 6 memiliki bentang layar 5,5 inci berteknologi 2.5D display dengan resolusi full HD 1080x1920 piksel. Pada Nokia 6 juga tersemat pelindung Gorilla Glass untuk melindungi layar dari goresan dan benturan.

Kinerja ponsel ini disokong prosesor Snapdragon 430 dengan CPU octa-core dan pengolah grafis Adreno 505. Performanya juga makin kencang dengan RAM 4GB dan memori seluas 64GB yang bisa ditambah dengan micro SD. Nokia 6 juga dilengkapi fitur pengisian daya cepat 3.0 yang membuat pengisian daya 4 kali lebih cepat.

Beralih ke sektor fotografi, Nokia 6 dibekali kamera utama 16MP dengan aperture f/2.0 dan autofocus berteknologi PDAF laser. Teknologi ini diklaim mampu mengunci fokus lebih cepat dan akurat. Bagi pengguna yang suka selfie, Nokia 6 menghadirkan kamera depan beresolusi 8MP dengan aperture f/2.0. 

3 dari 4 halaman

Smartphone Terbaru 2017 Januari

7. Samsung Galaxy C7 Pro

Tampilan Samsung Galaxy C7 Pro yang baru saja diumumkan di Tiongkok (sumber: digitaltrends.com)

Selain seri Galaxy A (2017), Samsung juga memperkenalkan smartphone terbaru 2017 lainnya pada bulan Januari lalu. Smartphone tersebut adalah Samsung Galaxy C7 Pro.

Smartphone berlayar 5,7 inci ini sudah dibekali Snapdragon 625 dan RAM 4GB. Samsung menyediakan memori internal 64GB yang dapat diperbesar dengan microSD hingga 256GB. 

Perusahaan asal Korea Selatan itu juga menyematkan kamera beresolusi 16MP, baik untuk kamera utama maupun kamera depan. Karenanya, smartphone ini diprediksi mampu memberikan hasil foto selfie yang terbilang apik. 

Ada pula pemindai sidik jari yang terletak di tombol Home. Sama seperti smartphone terbaru 2017 lainnya, Samsung menyertakan USB Type-C pada Galaxy C7 Pro.  

8. Xiaomi Redmi Note 4 Versi 4GB Resmi Meluncur

Xiaomi Redmi Note 4 (gsmarena.com)

Xiaomi, selain memperkenalkan Mi Mix edisi warna putih, juga memperkenalkan Redmi Note 4 versi RAM 4GB. Peningkatan lainnya adalah penggunaan Snapdragon 625, yang tadinya MediaTek Helio X20 pada versi lama.

Versi ini disebut-sebut akan menjadi model yang diluncurkan untuk pasar global. Untuk spesifikasi lain, tak ada perubahan berarti yang dibenamkan Xiaomi di Redmi Note 4 ini.

Smartphone ini memiliki bentang layar 5,5 inci dengan resolusi full HD. Di sektor fotografi, smartphone ini memiliki kamera utama dan depan beresolusi masing-masing 13MP dan 5MP. Selain itu smartphone ini yang berjalan di sistem operasi Android Marshmallow dengan antarmuka bawaan MIUI 8 ini, juga sudah dilengkapi sensor sidik jari di belakang bodi.

(Why/Cas)

Artikel Selanjutnya
Drone hingga Action Cam, Intip Harganya di Sini
Artikel Selanjutnya
Apple Rilis iPhone 4 Inci Agustus 2017?