Sukses

Smartphone Terbaru 2017 di Indonesia Rilis Januari-Februari

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat lima smartphone terbaru 2017 yang dirilis di pasar Indonesia selama bulan Januari dan Februari. Tentunya kelima smartphone itu punya fitur unggulan masing-masing. Ada yang menjagokan kamera, baterai, audio, konsep modular, serta kemampuan tahan air dan debu.

Perusahaan yang meramaikan pasar smartphone Indonesia tersebut adalah Asus, Samsung, dan Moto (Motorlola). Ada pula perusahaan lokal yakni Advan dan Digicoop. Lantas, apa saja smartphone tersebut? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Smartphone Terbaru 2017: Advan G1

Tampilan depan Advan G1. (Liputan6.com/ Iskandar)

Advan G1 yang rilis di Indonesia pada 18 Februari lalu, digadang-gadang akan menjadi penantang tangguh untuk menghadang agresivitas pemain global di pasar Indonesia. Spesifikasinya meliputi prosesor quad core, RAM 3GB, dan memori internal 16GB. Ada pula pemindai sidik jari yang bisa dipakai untuk memotret dengan sekali sentuhan sidik jari. 

Tak hanya itu, smartphone ini dibekali speaker premium dengan titanium accoustic dan smart amplifier yang membuat resonansi audio diklaim menjadi lebih sempurna, menghasilkan suara bass yang solid, dan spektrum audio lebih berkualitas. Layarnya sudah terproteksi eyePro yang mampu menyaring radiasi sinar biru dari layar tanpa mengurangi kecerahan warna.

Untuk mendukung kinerjanya, Advan menyematkan prosesor Quadcore, RAM 3GB dan ROM 16GB yang bisa diperluas hingga 128GB. Ponsel ini mengusung layar 5inci IPS. Beberapa spesifikasi lain adalah baterai berkapasitas 2.600mAh, dual Simcard, dan dukungan USB on the go. Smartphone ini beroperasi di IDOS (Indonesia Operating System) berbasis Android Marshmallow 6.1.2 yang diklaim mampu memberi kesempurnaan saat menjalankan berbagai aktivitas ponsel. 

[Simak video unboxing Advan G1 di sini]

 

2. Smartphone Terbaru 2017: Asus Zenfone 3 Max

Asus Zenfone 3 Max. Liputan6.com/Iskandar

Asus Zenfone 3 Max adalah suksesor dari Asus Zenfone Max yang dirilis pada 2016 silam, dengan fitur utama yang terletak pada baterai berkapasitas 4100mAh. Smartphone ini menggunakan layar sentuh berteknologi IPS 5,2 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel dengan kerapatan 282ppi.

Smartphone yang meluncur di Indonesia pada 7 Februari ini punya dua varian RAM dan memori internal yakni 2/16GB dan 3/32GB. Dapur pacunya pun ada dua macam yaitu Qualcomm Snapdragon 430 dan MediaTek. Spesifikasi lainnya meliputi kamera belakang 13 MP dengan autofocus dan bukaan lensa f/2.2 serta kamera depan 5MP dengan bukaan lensa f/2.2.

Baterai smartphone yang berjalan di Android 6.0 Marshmallow dengan modifikasi ZenUI 3.0 ini dapat difungsikan sebagai powerbank untuk mengisi daya perangkat lain.

[Simak video unboxing Asus Zenfone 3 Max di sini]

1 dari 3 halaman

Smartphone Terbaru 2017

3. Smartphone Terbaru 2017: Samsung Galaxy A (2017) 1 Februari

Samsung Galaxy A (2017) resmi melantai ke pasar smartphone Indonesia pada 1 Februari 2017. Peluncuran seri smartphone ini di Indonesia, terhitung sangat cepat dari peluncurannya di pasar global, tak sampai sebulan. 

Smartphone ini ditargetkan untuk generasi milenial atau dalam istilah Samsung, "The A Generation". Seri Galaxy A (2017) terdiri dari tiga varian yakni Galaxy A3, A5, dan A7. 

Samsung Galaxy A7 (2017). Liputan6.com/Iskandar

Sekilas soal spesifikasi, Samsung membenamkan chipset Exynos dengan CPU octa-core dan RAM 3GB di Galaxy A7 (2017). Kamera smartphone berlayar 5,7 ini beresolusi 16MP, baik untuk kamera depan dan kamera belakang. Sementara memori internalnya adalah 32GB yang dapat diperbesar dengan kehadiran slot microSD.

Spesifikasi yang sama juga dimiliki oleh Galaxy A5 (2017). Perbedaan hanya terletak pada ukuran layar lebih kecil, yakni 5,2 inci, dan kapasitas baterai. Adapun Galaxy A3 (2017) merupakan model dengan bentang layar paling kecil yakni 4,7 inci. Samsung menyematkan kamera utama dan depan beresolusi 13MP dan 8MP. Perubahan juga cukup terasa di ukuran RAM yang kini berkapasitas 2GB, lebih besar dari model tahun lalu yang hanya RAM 1,5GB.

Seluruh varian Samsung Galaxy A (2017) juga sudah berjalan di Android 6.0 Marshmallow, memiliki USB Type-C dengan kemampuan pengisian daya cepat, dan mengusung fitur pemindai sidik jari. Ketiganya juga sudah memiliki kemampuan antiair dan antidebu.

[Simak video unboxing Samsung Galaxy A7 (2017) di sini]

2 dari 3 halaman

Smartphone Terbaru 2017

4. Smartphone Terbaru 2017: Moto Z

Moto Z. Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Lenovo menghadirkan Moto Z dan Moto Z Play ke Indonesia pada 25 Januari lalu. Smartphone berkonsep modular ini, patut diakui, memang agak terlambat masuk ke Indonesia. Terlepas dari hal itu, kehadiran Moto Z dan Moto Z Play di Indonesia akan meramaikan pasar smartphone Indonesia.

Sekilas soal spesifikasi, Moto Z menggunakan Snapdragon 820, RAM 4GB, memori internal 64GB, layar QUAD HD AMOLED 5,5 inci, dan kamera utama 13 MP. Sementara Moto Z Play mengusung Snapdragon 625, RAM 3 GB, memori internal 32GB, layar Super AMOLED 5,5 inci, dan kamera utama 16 MP.

Kedua smartphone yang memiliki pemindai sidik jari ini berjalan di Android 6.0.1 Marshmallow dan dipastikan mendapat pembaruan ke Android Nougat.

Bicara ponsel bongkar-pasang Moto Z series tak lengkap jika tak berkenalan juga dengan Moto Mods. Bersamaan dengan kehadiran Moto Z, Lenovo juga menghadirkan empat Moto Mods yaitu JBL SoundBoost (speaker mod), Moto Insta-Share Projector, camera mod Hasselblad TrueZoom, dan Incipio OffGrid PowerPack

[Simak video unboxing Moto Z di sini]

 

5. Smartphone Terbaru 2017: Digicoop 

 Peluncuran smartphone Digicoop di Cikarang. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Digicoop merupakan smartphone hasil kolaborasi Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dirilis pada 20 Januari lalu. Model bisnis dalam penggarapan smartphone ini berbeda dari smartphone yang berasal dari pabrikan lain karena berbasis koperasi, sehingga tak dijual secara umum.

Tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, smartphone ini juga memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk beraktivitas ekonomi melalui perangkat berbasis digital. Smartphone ini sudah didukung prosesor quad-core 1,5GHz, RAM 1GB, dan memori internal 8GB. 

Ada pula kamera utama 5MP dan kamera depan 2MP. Layanan purnajual smartphone Digicoop sudah ada di 80 titik yang siap melayani di seluruh Indonesia.

(Why/Cas)

Artikel Selanjutnya
Rencana Pembunuhan Ahok Terendus Lewat Telegram
Artikel Selanjutnya
Wanita Ini Tertangkap Selundupkan 102 iPhone di Badan