Sukses

Joy-Con Ternyata Kompatibel dengan Windows, Mac, dan Android

Joy-Con dari NIntendo Switch dipastikan dapat menjadi kontroler untuk perangkat lain dengan memanfaatkan bluetooth

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya untuk Nintendo Switch, kontroler Joy-Con ternyata juga dapat digunakan untuk perangkat lain. Informasi ini dipastikan oleh percobaan yang dilakukan oleh situs fan Nintendo asal Perancis, Nintendo Actu.

Dikutip dari The Verge, Kamis (9/3/2017), kontroler nirkabel itu dipastikan dapat digunakan untuk perangkat berbasis Windows, Android, termasuk MacOS. Untuk disambungkan ke seluruh perangkat itu, pengguna cukup menghubungkannya melalui bluetooth.

Menurut laporan, Joy-Con akan terbaca sebagai perangkat bluetooth biasa, sehingga pengguna dapat dengan mudah menyambungkannya. Namun saat dihubungkan ke PC berbasis Windows, tetap diperlukan aplikasi tambahan untuk mengenali kontroler tersebut.

Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi bernama JoyToKey untuk mengatur fungsi dari Joy-Con. Syarat yang sama juga berlaku ketika menghubungkan kontroler besutan Nintendo itu ke perangkat Android.

Sebagian pihak menilai fungsi ini sebenarnya tak begitu mengherankan, mengingat kontroler itu memanfaatkan bluetooth untuk terhubung dengan perangkat lain. Kontroler lain yang memanfaatkan bluetooth, seperti kontroler PlayStation 4 atau Xbox One sebenarnya juga memiliki kemampuan serupa.

Sebagai informasi, Joy-Con merupakan kontroler baru yang didesain khusus untuk Switch. Kontroler ini terbilang unik karena menawarkan cara baru dalam bermain gim.

Nintendo membekali kontroler ini dengan sistem haptic feedback yang lebih baik dan inovatif, bernama 'HD Rumble'. Selain itu, kontrol kanan dari kontroler ini telah dibekali dengan sensor infra-red (IR).

Dengan demikian, Joy-Con dapat mengenai bentuk, gerakan, dan jarak obyek yang ada di depannya. Sensor itu juga menjadi fitur kunci agar kontroler Nintendo Switch ini dapat memainkan gim yang memerlukan gerakan.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.