Sukses

Ini 5 Tips Dongkrak Jumlah Follower Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Instagram berhasil menjadi salah satu media sosial di dunia. Bukan hanya pengguna biasa, perusahaan dan publik figur turut menggunakan layanan tersebut.

Membuat akun di Instagram merupakan hal yang mudah, bagian tersulitnya adalah mendapatkan banyak follower asli atau bukan akun spam, di layanan tersebut. Menggunakan akun Instagram bagi sebagian orang, terasa lebih menyenangkan jika memiliki banyak follower, bahkan jika bisa jumlahnya mencapai jutaan.

Jumlah follower yang banyak, sekaligus membuka peluang bisnis bagi pemilik akun. Saat ini banyak akun dengan ribuan hingga jutaan follower, yang bisa menghasilkan uang dari konten-konten mereka di Instagram.

Nah jika kalian ingin mendapatkan banyak follower dan menjadikannya sebagai salah satu sumber pendapatan, ada sejumlah tips yang bisa diikuti. Berikut 5 tips untuk mendapatkan banyak follower di Instagram, seperti dilansir Entrepreneur, Jumat (10/3/2017):

1. Gunakan konsep niche
Akun Instagram populer fokus pada satu atau dua konten niche atau spesifik, serta hanya akan mem-posting konten yang ada hubungannya. Cara terbaik utnuk menghasilkan konten seperti itu adalah menemukan area yang kalian senangai atau ketahui dengan baik.

Misalnya, akun tentang travelling akan menjadi pilihan yang tepat jika kalian suka bepergian. Jika berpegang teguh pada konsep tersebut dan memperlihatkan keaslian serta semangat kalian di setiap posting-an, ada peluang besar untuk mendapatkan banyak follower.

2. Jangan berhenti posting konten menarik
Setelah menemukan konsep akun Instagram, kalian harus posting foto dan video berkualitas tinggi. Jangan posting konten sembarangan, sekali sepekan atau semacamnya. Kalian harus terus mem-posting konten baru, sebaiknya satu atau dua kali setiap harus.

Kemudian jumlah postingan konten ditambah menjadi tiga, lalu empat kali setiap hari, seiring dengan pertumbuhan follower. Selain itu, konten yang diunggah harus memiliki resolusi minimum 1.080 x 1.080 piksel agar tampilannya menarik.

Jika sedang tidak ada konten yang bisa diunggah, minta izin untuk posting foto dari akun lain dengan jumlah follower yang banyak. Ini lebih baik daripada tidak mem-posting konten sama sekali. Nilai tambahnya, kalian juga bisa membangun relasi dengan akun-akun lain.

Namun jangan sampai kalian terlalu sering posting konten setiap hari. Formulanya adalah satu sampai dua posting setiap hari untuk pengguna dengan satu sampai 1.000 follower, dua sampai tiga posting untuk akun dengan 1.000 sampai 10 ribu follower, tiga sampai empat untuk 10.000 sampai 50 ribu follower, lima sampai enam untuk 100 ribu sampai 500 ribu follower, delapan sampai 10 untuk 500 ribu sampai satu juta follower.

1 dari 2 halaman

Ini 5 Tips Dongkrak Jumlah Follower Instagram

Ilustrasi Instagram (Liputan6.com/Sangaji)3. Pakai caption
Setelah menemukan konten yang akan di-post, pilih caption yang tepat. Ketika menulis sebuah caption, ada empat pertimbangan yaitu harus menarik, motivatif, inspirtatif dan dapat membuat follower merasa terhubung dengan foto atau video tersebut.

Mem-posting konten motivasi di media sosial bisa mendorong keterlibatan pengguna. Jika kalian tidak memotivasi follower setiap hari, mereka bisa pindah ke akun lain.

Sejumlah pengguna menggunakan caption pendek dengan tagar yang mendukung. Sementara ada yang menggunakan banyak caption. Kuncinya, konsisten dengan fokus kalian.

Untuk tagar, sebaiknya pakai dua kata untuk menggambarkan posting. Contohnya, #GreenApple dan #RedLipStick. Jangan pakai tagar yang telah digunakan jutaan kali, karena semakin kecil kesempatan konten kalian dilihat. Jika kalian menggunakan tagar dua kata yang menarik dengan lebih sedikit posting, akan membantu konten lebih banyak dilihat oleh orang yang mencari konten dengan tagar spesifik. Pakai tiga sampai lima tagar untuk setiap caption.

4. Komunikasi dengan follower
Setelah posting konten, kalian harus berkomunikasi dengan para follower dengan mengajukan pertanyaan di caption dan merespon jawaban mereka. Ini akan membantu menciptakan hubungan personal dengan mereka.

Pertanyaan yang bisa diajukan bisa "dimana asal mereka" atau "apa yang disukai dan tidak disukai". Kalian bisa menggunakan emoji di caption dan saat merespon tanggapan follower. Tapi jangan terlalu banyak menggunakan emoji dan harus berkaitan dengan konten.

Jangan takut untuk memblokir dan menghapu konten negatif di kolom komentar. Jangan sampai komentar negatif menjadi pemicu pertengkaran para follower. Kalian harus rajin memantau kolom komentar.

5. Promosikan akun
Influencer memainkan peran besar dalam dunia Instagram. Tidak ada salahnya bekerjasama dengan para influencer untuk mempromosikan foto atau video, dan sebuah caption sederhana untuk mengajak para follower mereka melihat akun dan konten kalian.

Salah satu cara lain mendapatkan follower adalah saling mempromosikan akun yang setipe. Temukan akun serupa di Instagram dengan akun kalian dan memiliki follower yang kemungkinan tertarik dengan konten kalian.

Namun kalian tetap bisa terbuka bekerjasama dengan akun lain yang tidak setipe. Misalnya, jika target pasar adalah laki-laki yang menyukai olahraga, kalian bisa menemukan akun dengan follower yang didominasi laki-laki.

Bekerjasama dengan akun-akun berbeda dan lihatlah yang mana membantu pertumbuhan akun kalian. Jika ada akun yang memberikan dampak pada pertumbuhan follower kalian, maka jagalah hubungan kerjasamanya.

(Din/Cas)

Artikel Selanjutnya
Ini Dia Kiat Sukses Kaya Raya Lewat Instagram
Artikel Selanjutnya
Ingin Jadi Influencer Sukses di Media Sosial? Lakukan 6 Hal Ini