Sukses

Mantan Engineer Twitter Ikut Garap Mobil Terbang Larry Page

Mantan eksekutif engineering Twitter, Alex Roetter, bergabung dengan sebuah startup yang membuat mobil terbang.

Liputan6.com, Jakarta - Eksekutif engineering Twitter, Alex Roetter, yang meninggalkan perusahaan itu setahun lalu, bergabung dengan sebuah startup yang membuat mobil terbang. Startup bernama Kitty Hawk itu disokong oleh salah satu pendiri Google, Larry Page.

Dilansir Business Insider, Jumat (10/3/2017), Roetter dinilai sebagai "perekrutan yang menarik". Ia memulai karirnya di Google pada 2002, berkat koneksinya dengan Page. Tapi dia lebih dikenal sebagai orang yang menciptakan berbagai tool iklan Twitter, Advertiser, Publisher and Exchange (APEX), dan menumbuhkan Twitter dari hampir tanpa pendapatan hingga hampir US$ 2,5 miliar setiap tahun.

Roetter kemudian menjadi pimpinan semua engineering Twitter pada Mei 2014, menggantikan Chris Fry. Dari sejumlah rekam jejaknya, ada satu yang dinilai paling sesuai dengan startup mobil terbang. Sebelum bergabung dengan Twitter, ia adalah seorang pilot yang menghabiskan beberapa tahun bekerja di sistem deteksi pesawat untuk wind farm (ladang angin).

Lebih lanjut, tidak banyak informasi yang diketahui mengenai Kitty Hawk. Sejauh ini, Kitty Hawk kerap dihubungkan dengan startup mobil terbang milik Page, Zee.Aero. Kitty Hawk dan Zee.Aero didirikan pada 2010. Zee.Aero di akun LinkedIn menyebut perusahaan itu sebagai "sebuah divisi dari Kitty Hawk" dan memiliki sekira 100 karyawan.

Menurut catatan Bloomberg, Zee.Aero tidak memiliki hubungan dengan Google atau perusahaan induknya, Alphabet. Page mendanai Zee.Aero secara pribadi, dan meminta keterlibatannya disembunyikan dari publik. Para karyawan Zee.Aero tidak pernah menyebut nama Page, dan menggantinya dengan sebutan "GUS" (Guy Upstairs) atau pria lantai atas, merujuk tempat Page di lantai dua kantor pusat startup tersebut.

Kitty Hawk diyakini membuat versi mobil terbang yang berbeda dari Zee.Aero. Perusahaan ini mengerjakan sejumlah kendaraan penumpang terbang otonomos dan mempekerjakan 30 orang secara langsung.

Kitty Hawk mengklaim Sebastian Thrun sebagai President. Ia adalah "bapak" dari teknologi self-driving dan pendiri divisi riset Google X. Roetter sendiri akan menjabat sebagai VP of Software di Kitty Hawk, tapi peran dan tanggungjawannya belum diketahui secara jelas.

(Din/cAS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.