Sukses

Kisah Lucu di Balik Warna Ungu Logo Yahoo

Mengapa Yahoo memiliki warna ungu yang begitu ikonik? Berikut secuil kisahnya.

Liputan6.com, California - Tak terasa, Yahoo akan menginjak usianya yang ke-22 pada tahun ini. Selama dua dekade terakhir, perusahaan teknologi yang sempat fenomenal tersebut memiliki warna logo perusahaan yang begitu ikonik, yakni warna ungu yang begitu khas.

Ungu sebetulnya bukanlah warna yang cocok dipakai untuk logo perusahaan, terlebih perusahaan teknologi. Justru, warna inilah yang membuat Yahoo menjadi ikonik dan begitu melekat di penggunanya.

Yahoo tentu tidak menyewa brand consultant agar akhirnya bisa memakai warna tersebut, pun mereka tidak melakukan riset tertentu untuk melihat warna apa yang paling populer digunakan untuk sebuah logo.

Nah, tahukah kamu ada cerita lucu di balik mengapa logo Yahoo menggunakan warna ungu? Menurut yang dimuat Business Insider, Jumat (10/3/2017), warna ini dipakai bukan karena kesengajaan.

Pada konferensi Tech Pulse yang diadakan belum lama ini, CEO Yahoo Marissa Mayer sempat berbincang dengan co-founder Jerry Yang dan David Filo soal warna ungu Yahoo.

Yang mengungkap, ketika mereka pertama kali mendirikan Yahoo, ia dan timnya berencana mengecat dinding kantor dengan warna abu-abu.

"Kami pikir abu-abu merupakan warna yang cocok untuk sebuah perusahaan teknologi. Lucunya, Filo yang waktu itu membeli cat malah membawa cat berwarna lavender kering,” ucap Yang dengan tawa.

"Ya, saya pikir itu warna abu-abu. Bodohnya, kami mengetahui hal ini setelah mengecat dinding kantor dan semua sudah rampung. 'Kok warnanya jadi beda ya?' dan semuanya menyalahkan saya, tapi tidak apa-apa," tutur Filo menyelak Yang di kesempatan yang sama

Setelah mereka melihat hasil cat di dinding kantor, hasilnya tidak terlalu buruk. "Warnanya kalau dilihat bagus juga. Belum ada juga kan perusahaan yang memakai warna ungu waktu itu," lanjut Yang.



Dari situlah, Yahoo konsisten menggunakan ungu sebagai warna khasnya. Tak hanya logo, warna ungu juga dipakai sebagai aksen pada platform layanannya, seperti Yahoo Mail, Yahoo Messenger dan masih banyak lagi.

(Jek/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini