Sukses

reCAPTCHA Dibuat Lebih Mudah, Pengguna Tak Perlu Repot Verifikasi

Google akan menghilangkan sistem reCAPTCHA yang dianggap menyulitkan pengguna, dengan membuatnya 'tembus pandang'. Bagaimana cara kerjanya?

Liputan6.com, Mountain View - Google akan merekonstruksi sistem reCAPTCHA menjadi lebih mudah. Jika sebelumnya pengguna harus verifikasi via checkbox “I’m not a robot” atau mengikuti kuis, mereka kelak tak perlu lagi repot melakukan hal-hal tersebut,

Seperti dilaporkan Ars Technica pada Minggu (12/3/2017), Google akan membuat reCAPTCHA menjadi ‘tembus pandang’ agar nantinya bisa mendepak pengguna bot.

Perusahaan tidak menguar secara detail bagaimana reCAPTCHA versi baru ini akan bekerja, yang pasti sistem tersebut akan hadir dengan metode verifikasi termudah, dalam hitungan detik saja.

“reCAPTCHA versi baru adalah sistem kombinasi antara mesin pembelajaran dan analisis risiko terhadap ancaman siber,” kata Google dalam keterangan tertulis.

Sekadar informasi, reCAPTCHA merupakan layanan CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) yang digunakan untuk memilah pengguna manusia, serta pengguna bot yang bersifat spam.

Biasanya, sistem ini menghadirkan sejumlah kuis seperti meminta penggunanya mencari gambar yang sesuai dengan kata yang dihadirkan.

Misal, pengguna harus mencari gambar yang ada rumputnya. Ada pula cara sederhana di mana pengguna harus mengetik angka atau huruf sesuai dengan yang ditampilkan.

Jika reCAPTCHA terbaru Google nanti hadir, mereka tentu tak repot lagi melakukan hal yang ternyata cukup ‘makan’ waktu ini.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini