Sukses

Bahaya Kamera Termal Intai Keamanan Kata Sandi Smartphone

Penelitian terbaru mengungkap, jejak sidik jari pengguna diklaim dapat dilihat melalui kamera termal.

Liputan6.com, California - Smartphone yang terkunci dengan password (kata sandi) tak sepenuhnya diklaim aman. Penelitian terbaru mengungkap, kamera termal ternyata dapat menguak kata sandi pengguna dengan melihat jejak panas sidik jari yang tertinggal di layar.


Dilansir dari Mirror, Minggu (12/3/2017), penelitian yang diadakan sekelompok ilmuwan di Stuttgart University tersebut menjelaskan, jejak panas yang tertera di layar smartphone merupakan sidik jari pengguna saat mereka tengah mengetik kata sandi di perangkat.

“Jejak tersebut bisa dilihat jelas dengan kamera termal, bahkan bisa bertahan hingga 30 detik setelah perangkat tersebut terakhir disentuh,” tulis peneliti.

Bahayanya lagi, pengguna yang cuma memiliki kata sandi empat digit lebih mudah diintai karena, pihak tak bertanggung jawab yang menggunakan kamera termal lebih gampang melihat jejak panas sidik jari dalam empat titik di layar.

Lantas, bagaimana mereka bisa mengetahui kombinasi angka empat digit, sehingga bisa mencari kata sandi sebenarnya? Mereka ternyata bisa memanfaatkan suhu sidik jari pengguna.

“Mereka menggunakan peranti lunak yang mengubah warna gambar dan melihat suhu panas sidik jari si pengguna. Yang paling panas itu biasanya baru, dan yang sudah tidak panas itu yang lama ditekan,” pungkas peneliti.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.