Sukses

Tanya Tekno: Bagaimana Cara Menambah RAM di Smartphone?

Liputan6.com, Jakarta - Bagaimana cara menambah RAM di smartphone Oppo Neo 7? (Anando Tamba)

___

Halo, Anando!

Terima kasih banyak atas pertanyaannya. Perlu kamu ketahui, RAM merupakan salah satu komponen di smartphone yang pada dasarnya tidak bisa diotak-atik. RAM berbeda dengan memori internal (ROM), yang bisa ditambah kapasitasnya dengan memasang kartu microSD, bila slot untuk kartu microSD itu tersedia.

Meski demikian, sekadar untuk informasi saja, saat ini sejumlah pengembang menyediakan tutorial dan aplikasi cara "menambah" kapasitas RAM dengan memanfaatkan kartu microSD. Sebut saja aplikasi RAM Expander dari ROEHSOFT, yang tersedia di Google Play sebagai aplikasi berbayar. ROEHSOFT mengklaim aplikasi besutannya mampu "menambah" kapasitas RAM hingga 4GB. 

Namun tentunya cara ini mengandung risiko dan kami sendiri belum pernah mencobanya. Sang pengembang aplikasi juga menegaskan bahwa pihaknya tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun yang mungkin saja terjadi dari penggunaan aplikasi ini.

Kalau sekadar untuk coba-coba, menambah pengalaman, dan menghilangkan penasaran, kamu bisa mencari tutorialnya di Google dan menjajalnya di smartphone Android lama yang sudah tidak kamu pakai. 

Semoga pertanyaannya terjawab!

___

Bagi kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silakan kunjungi tautan ini.

(Why)

___

UPDATE SENIN (13/3/2017), 12.45 WIB

Metode "menambah" kapasitas RAM ini mirip dengan metode "menambah" kapasitas memori internal dengan menggunakan kartu microSD dan aplikasi Link 2SD yang sempat populer beberapa tahun lalu. Menurut pengalaman kami pada saat itu di Samsung Galaxy Young, spesifikasi dari kartu microSD sangat berpengaruh.

Kami telah melakukan perbandingan penggunaan kartu microSD merek X kelas 4 dan kartu microSD merek X kelas 10. Tak diragukan lagi, performa kartu microSD merek X kelas 10 lebih baik. Bicara soal daya tahan, belum bisa dipastikan kartu microSD akan mampu bertahan berapa lama, tetapi yang jelas, masa pakainya akan jauh lebih pendek ketimbang digunakan untuk media penyimpanan saja.

Logikanya, kartu microSD memang dirancang dan dibuat untuk media penyimpanan. Ketika digunakan untuk "menambah" kapasitas RAM atau memori internal, kartu microSD "dipaksa" untuk bekerja lebih keras dari yang semestinya. Oleh karena itu pula, jika memang ingin mencoba metode ini, sebaiknya membeli kartu microSD dari merek ternama minimal kelas 10 dengan kecepatan tinggi. Jangan lupa memerhatikan secara saksama langkah-langkah di tutorial yang ditentukan oleh pengembang untuk meminimalisasi risiko.

Artikel Selanjutnya
Bikin Mudik Makin Asyik dengan 5 Aplikasi Ini
Artikel Selanjutnya
Niantic Ungkap Cara Baru Permalukan Cheater di Pokemon Go