Sukses

Pencipta World Wide Web Bidik Hoax

Liputan6.com, Jakarta - Pencipta World Wide Web (WWW), Sir Tim Berners-Lee, telah mengumumkan sebuah rencana untuk mengatasi penyalahgunaan data dan hoax.

Dalam sebuah surat terbuka untuk menandai ulang tahun World Wide Web ke-28, Sir Tim telah menetapkan strategi jangka lima tahun di tengah kekhawatirannya tentang bagaimana web digunakan. Ia, sebagaimana dikutip dari BBC, Senin (13/3/2017), mengatakan ingin mulai memerangi penyalahgunaan data pribadi, yang menciptakan "efek dingin pada kebebasan berbicara".

Ilmuwan komputer Inggris itu menyerukan regulasi lebih ketat terhadap iklan politik "tidak etis". Selain itu, ia juga berharap pihak-pihak yang telah mengembangkan web seperti sekarang ini dengan beragam teknologi dan fitur seperti blog, tweet, foto, video, dan halaman web, turut berpartisipasi dalam membantu mencari solusi praktis untuk membuat web "yang memberikan kekuatan dan kesempatan yang sama untuk semua".

Sir Tim mengatakan ingin bekerja dengan perusahaan-perusahaan untuk menempatkan "kontrol data tingkat wajar di balik tangan orang-orang".

Ia juga menyatakan keprihatinannya bahwa pengawasan pemerintah sudah terlalu jauh dan menghentikan web dari penggunaan untuk mengeksplorasi topik-topik seperti masalah sensitif seperti kesehatan, seksualitas, atau agama.

Situs media sosial dan mesin pencari, menurutnya, harus didorong untuk melanjutkan upaya untuk memerangi masalah hoax. Namun, penentuan benar atau salah oleh otoritas, harus dihindari.

"Algoritma tertentu dapat mendukung informasi sensasional yang dirancang untuk mengejutkan ketimbang mencerminkan kebenaran, dan dapat menyebar seperti api", kata Sir Tim.

(Why)

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
Pakai Pensil, Seniman Ciptakan Lukisan Bak Jepretan Fotografer