Sukses

5 Trik Maksimalkan Penggunaan Chrome di Android

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna smartphone Android pasti sudah tidak asing dengan peramban (browser) bawaan dari sistem operasi tersebut, yakni Chrome. Peramban ini kini sudah menjadi salah satu aplikasi wajib yang tersedia di perangkat berbasis Android.

Meskipun sudah diketahui hampir seluruh pengguna Android, tapi tak semuanya mengetahui cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Chrome.

Dengan sedikit utak-atik, peramban ini ternyata bisa memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Lantas, seperti apa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google Chrome?

Berikut ini ada lima cara untuk menggunakan Chrome lebih maksimal di perangkat Android seperti dikutip dari laman Android Pit, Selasa (21/3/2017)

1. Percepat waktu muat situs dengan Brotli

Untuk mempercepat waktu muat sebuah situs di Chrome, kamu dapat memanfaatkan Brotli, sebuah program yang diperkenalkan pada 2015 ini berguna mengompres data dari sebuah situs agar dapat dimuat lebih cepat. Program ini bisa dipakai di MacOS, Windows, Linux, termasuk Chrome OS.

Namun untuk memastikan fitur ini aktif, kamu memang perlu melakukan sedikit pengaturan. Sebagai langkah awal, ketik chrome: // flags / # enable-brotli di laman pencarian Chrome. Setelah terbuka, lihat konten paling atas yang bertuliskan 'Brodi Content-Encoding' dan pilih Default untuk mengaktifkannya.

2. Tambahkan shortcut situs langsung di halaman depan

Apabila kamu kerap mengunjungi sebuah situs berkali-kali, tak ada salahnya memanfaatkan fungsi jalan pintas (shortcut) di Chrome. Jadi, kamu dapat mengakses sebuah situs langsung dari halaman depan menu Android.

Kamu cukup melakukan tiga langkah untuk melakukan hal tersebut. Pertama buka situs yang diinginkan di Chrome, buka Menu yang ada di bagian kanan atas, dan pilih opsi 'Add to Home Screen' untuk membuat jalan pintas ke situs tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinkronisasi tabs dan favorit

3. Sinkronisasi tabs dan favorites di perangkat berbeda

Fitur ini sebenarnya bukan hal baru, tapi memang jarang diketahui oleh pengguna Android. Padahal, fitur ini akan sangat membantu pengguna--terutama yang memiliki lebih dari satu perangkat--untuk mengakses situs dari beberapa perangkat sekaligus.

Untuk melakukannya, kamu cukup masuk ke menu pengaturan Chrome dan aktifkan Sync. Lakukan cara serupa di perangkat lain, seperti komputer atau smartphone. Namun pastikan untuk menggunakan akun yang sama, agar riwayat penelusuran dan situs yang disimpan dapat diakses antar perangkat.

4. Hemat data langsung dari Chrome

Bagi kamu yang sering khawatir dengan konsumsi data ketika membuka sebuah situs, Chrome sebenarnya memilki solusi langsung tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga.

Fitur bernama Data Saver ini berfungsi untuk mengompres situs yang dibuka, sehingga data yang dikonsumsi tak begitu besar. Kamu dapat melakukannya dengan membuka Chrome, pilih Menu, lalu Settings. Cari Data Saver dan aktifkan fitur tersebut.

5. Aktfikan notifikasi Facebook di Chrome

Jika kamu merupakan pengguna yang sering memanfaatkan Chrome untuk membuka Facebook, fitur ini akan sangat membantu. Jadi, kamu tak akan terlewat notifikasi yang masuk dalam akun Facebook.

Kamu bisa mengaktifkannya ketika pertama kali membuka Facebook di Chrome dengan mengizinkan untuk memberikan notifikasi. Untuk mengubahnya, kamu bisa masuk ke Profile Settings Facebook, lalu pilih Notifications. Buka ikon gerigi, dan pilih Mobile untuk melakukan pengaturan.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.