Sukses

Cara Mencegah Peretasan dengan Perbarui Sistem Operasi

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran informasi dari WikiLeaks mengenai alat yang digunakan Central Intelligence Agency (CIA) untuk meretas dan melakukan spionase siber pada perangkat yang menjalankan Android, iOS, termasuk beberapa smart TV.

Google dan Apple sebagai pembesut Android dan iOS pun segera menanggapi informasi tersebut. Kedua perusahaan itu memastikan perangkat yang sudah memasang sistem operasi terbaru tak akan terpengaruh alat bernama Vault 7 tersebut.

Namun mungkin pengguna menyadari apakah perangkatnya sudah menjalankan sistem operasi terbaru, termasuk cara untuk memperbaruinya.

Untuk itu, mengutip dari laman Wired, Selasa (14/3/2017), Tekno Liputan6.com menghimpun cara untuk memperbaru sistem operasi di perangkat Android dan iOS.

iOS

Apple dikenal cukup rutin menggulirkan pembaruan untuk iOS. Kamu hanya perlu menunggu sampai ada notifikasi yang menandakan ada pembaruan atau versi anyar dari iOS siap untuk diunduh.

Pun ketika kamu melewatkannya, ada cara mudah untuk melakukannya. Cukup buka Settings, pilih General, dan Software Update. Setelah itu, pilih Download and Install.

Apabila seluruh proses selesai, kamu bisa mengatur waktu pemasangan. Namun perlu diingat saat melakukan pemasangan, pastikan smartphone memiliki daya baterai yang cukup.

Android

Berbeda dari iOS, pembaruan untuk Android tak semulus sistem operasi besutan Apple tersebut. Alasannya, Android digunakan oleh vendor berbeda, sehingga update yang digulirkan memerlukan penyesuaian terlebih dulu.

Namun masalah itu sebenarnya bisa diatasi, apabila kamu menggunakan smartphone seri Nexus atau Pixel. Hal itu dimungkinkan sebab dua model itu dipastikan akan mendapat pembaruan keamanan dan sistem operasi secara berkala langsung dari Google.

Kendati demikian, beberapa vendor lain juga telah berkomitmen untuk menghadirkan pembaruan secara lebih rutin. Karenanya, bagi kamu yang ingin mengunduh dan memasang pembaruan dapat melakukannya secara manual.

Kamu cukup membuka Settings, pilih About Phone dan System Updates. Apabila ada pembaruan, kamu cukup mengunduhnya dan mengatur pemasangannya. Namun sebelumnya, pastikan perangkatmu memiliki daya yang cukup. 

(Dam/Cas)

Artikel Selanjutnya
Bahaya, Hacker Bisa Sadap Percakapan di Amazon Echo
Artikel Selanjutnya
Solusi Keamanan Karya Mantan Petinggi SpaceX Hadir di Indonesia