Sukses

Cara Aktifkan Fitur Split Screen di Android Nougat

Liputan6.com, Jakarta - Android Nougat hadir dengan beragam fitur teranyar yang kian memudahkan pengguna. Selain panel notifikasi lebih rapi, optimisasi data dan daya, fitur lain yang tak kalah menarik adalah kehadiran modus split screen.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna membagi layar perangkat untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus. Jadi, kamu dapat tetap memutar YouTube di bagian atas layar dan aplikasi lain di posisi bawah layar.

Namun tak semua pengguna perangkat Android sudah mengetahui fitur ini. Untuk itu, simak cara mudah mengaktifkan fitur split screen di Android Nougat seperti dikutip dari laman Android Pit, Selasa (14/3/2017), berikut ini. 

Sebelum mengaktifkan fitur, perlu diketahui tak seluruh aplikasi akan kompatibel dengan modus split-screen. Karenanya, diperlukan penyesuaian agar aplikasi tersebut dapat berjalan mulus saat menjalankan fitur ini.

Kamu hanya perlu mengaktifkan fungsi Developer dengan membuka Settings, Developer Options, dan About this device. Ketuk Version number beberapa kali sampai muncul notifikasi kamu sudah dikenali sebagai developer.

Kembali ke menu Settings awal dan buka Developer options. Lalu geser ke bawah dan aktifkan opsi terakhir, yakni Force activities to be resizable

Setelah aktif, aplikasi yang belum kompatibel dengan modus split screen dipastikan dapat berjalan mulus. Jangan lupa restart smartphone terlebih dulu.

1 dari 2 halaman

Cara aktifkan modus split screen

Lantas, bagaimana mengaktifkan fitur split screen di Android Nougat? Kamu cukup membuka dua aplikasi secara terpisah, lalu buka dan tahan tombol task manager (recent apps).

Kedua aplikasi secara otomatis akan ditampilkan dalam modus split screen. Cara lain yang juga dapat dilakukan adalah menahan dan menggeser aplikasi yang ingin dibuka, melalui tombol Recent Apps. Lalu, geser aplikasi itu ke bagian atas layar. Setelahnya, aplikasi otomatis akan berada di setengah bagian atas layar dan pilih aplikasi lain yang akan diletakkan di bagian bawah layar.

Metode alternatif yang juga dapat digunakan untuk membuka fitur split screen adalah mengaktifkan System UI Tuner melalui pengaturan. Kamu cukup menggeser layar bagian atas, sampai seluruh notifikasi dan quick settings terlihat di layar. Tekan dan tahan beberapa detik ikon gerigi di bagian atas sampai berputar.

Setelah dilepas, kamu akan menerima peringatan di layar bawah, System UI Tuner sudah ditambahkan pada opsi pengaturan. Langkah selanjutnya, buka Settings, pilih System UI Tuner dan Other.

Kemudian, aktifkan Enable split-screen swipe-up gesture. Apabila fitur tersebut sudah diaktifkan, kamu cukup menggeser aplikasi yang ingin dibuka ke bagian atas dengan memulainya dari tombol Recent Apps.

(Dam/Why)

Artikel Selanjutnya
Ini Perbandingan Polytron Prime 7 dan 7s
Artikel Selanjutnya
Pengalaman Menjajal MIUI 9 di Xiaomi Mi 6