Sukses

Alasan Gim Nintendo Switch Lebih Mahal Ketimbang PS4 dan XB1

Liputan6.com, Jakarta - Jelang dan usai Nintendo Switch meluncur di pasaran, banyak gamer terkejut mendapati harga beberapa judul gim fisik konsol hybrid yang terbilang mahal.

Banderol harga Rp 800 ribuan untuk gim The Legend of Zelda: Breath of the Wild cukup wajar, mengingat Breath of the Wild adalah salah satu gim Nintendo Switch yang meluncur bersamaan dengan konsol terbaru Nintendo.

Namun, banderol harga Rp 670 ribu untuk Super Bomberman R membuat banyak pemain Nintendo Switch kelimpungan. Tak hanya itu, banyak gamer juga mempertanyakan perbedaan harga judul gim RiME.

Di platform seperti Xbox One, PS4, dan PC, RiME dibanderol Rp 480 ribuan, sedangkan di Nintendo Switch seharga Rp 650 ribu. Kenapa harga kedua gim tersebut cukup tinggi?

Mengutip informasi dari laman Eurogamer, Rabu (15/3/2017), harga produksi dan kapasitas kartrid gim merupakan salah satu alasan kenapa gim-gim yang meluncur di Nintendo Switch lebih mahal ketimbang gim-gim di konsol lainnya.

Lalu, bagaimana dengan harga gim versi digitalnya? Tidak dipusingkan dengan biaya produksi, seharusnya gim-gim versi digital akan lebih murah bukan?

Seperti perusahaan lainnya, Nintendo masih enggan untuk memutuskan hubungan dengan toko-toko gim fisik yang ada. Hal ini memaksa pengembang gim untuk mematok harga yang sama untuk gim fisik dan digital, serta mencari strategi baru untuk menjual gim-gim  buatan mereka.

Pun demikian, dengan berjalannya waktu, harga-harga kartrid Nintendo Switch pun akan berangsur turun dan stabil, bahkan bisa bersaing dengan harga gim-gim Xbox One dan PS4.

(Ysl/Isk)

Artikel Selanjutnya
Tak Cuma Konsol, Atari Garap Topi Pintar dengan Speaker
Artikel Selanjutnya
Fantastis, Gim NES Ini Terjual Seharga Rp 560 Juta