Sukses

Panel OLED Bikin Harga iPhone Makin Mahal

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Apple menggunakan panel OLED untuk iPhone 8, diperkirakan akan membuat harga jualnya lebih tinggi dibandingkan seri iPhone terdahulu. Salah satu penyebabnya adalah kenaikan harga modul layar 3D Touch.

Dilansir dari Phone Arena, Kamis (16/3/2017), sejumlah sumber dari rantai pasokan mengatakan Apple akan menggunakan panel OLED 3D Touch di iPhone 8. Harga satu modul layar 3D Touch saat ini adalah US$ 9, tetapi diperkirakan akan naik menjadi US$ 15. Oleh sebab itu, Apple kemungkinan besar akan menjual iPhone 8 dengan harga cukup tinggi.

Namun kenaikan harga panel, menurut salah seorang sumber, bukanlah satu-satunya faktor yang membuat harga iPhone menjadi semakin mahal. Sejumlah analis pun telah memerkirakan ada komponen lain yang menyebabkan hal tersebut.

Informasi baru ini kian memperpanjang laporan mengenai iPhone 8, yang sejak beberapa bulan lalu kerap menghiasi pemberitaan. Smartphone ini disebut-sebut akan menjadi iPhone "paling premium" pada tahun ini.

Selain iPhone 8, Apple juga dikabarkan akan meluncurkan dua produk lain pada hari yang sama, yaitu iPhone 7s dan 7s Plus. Namun hanya iPhone 8 yang akan menggunakan layar OLED.

Selain menjadi versi "paling premium" smartphone Apple, kehadiran iPhone 8 sekaligus dalam rangka merayakan ulang tahun ke-10 iPhone pada tahun ini. Menurut laporan, kode namanya adalah Ferrari.

(Din/Why)