Sukses

Inilah Platform Populer untuk Game Developer

Game Developers Conference menggelar survei terhadap 4.500 game developers mengenai platform favorit mereka dalam mengembangkan produk.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan video game saat ini terbilang cukup pesat. Terakhir, kemunculan Nintendo Switch mampu menarik banyak perhatian.

Melihat kehadiran Switch dan respons pasar, perusahaan kompetitor Nintendo juga tengah menyiapkan langkah antisipasi. Sebut saja Microsoft dengan Project Scorpio dan Mixed Reality Headset.

Terlepas dari itu semua, mengacu pada survei yang digelar oleh Game Developers Conference yang melibatkan 4.500 game developers, yang dikutip dari Business Insider, Kamis (16/3/2017), ternyata PC/Mac masih menjadi platform favorit kebanyakan game developers dengan angka 53 persen.

Selanjutnya, smartphone/tablet menempati peringkat kedua dengan angka 27 persen, diikuti oleh PS4/Pro (27 persen), VR Headset (24 persen), dan Xbox One (22 persen).

Platform lainnya mencakup web browser (13 persen), Linux (7 persen), AR Headset (5 persen), dan Apple TV (4 persen). Nintendo Switch, yang pada saat survei ini digelar, belum dirilis ke pasaran, hanya diminati oleh 3 persen game developer.

Untuk lebih jelasnya, simak tabel berikut ini:

Infographic: The Most Important Gaming Platforms 2017 | Statista

Kredit Tabel: Statista

 

Sekilas soal Nintendo Switch, konsol ini mengadopsi konsep hybrid, sehingga bisa dimainkan sebagai konsol gim rumahan atau portabel. Dalam dua hari sejak peluncuran resminya, penjualan Nintendo Switch diklaim mencapai seratus juta unit. 

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini