Sukses

Impresi Persib dan Michael Essien di Medsos Capai Ratusan Juta

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini Persib Bandung ramai dibicarakan, sehubungan dengan Michael Essien yang resmi merumput ke klub yang berdiri sejak 1933 tersebut. Di media sosial, klub kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat itu sempat menjadi trending topic.

Netizen saat itu menyebut, kedatangan Michael Essien merupakan kado terindah bagi ulang tahun Persib Bandung tahun ini. Tak sedikit pula, netizen yang mengaitkan kepindahan Michael Essien ke klub berjuluk "Maung Bandung" itu karena warna seragam yang serupa dengan Chelsea, yang pernah dibelanya.

Bahkan, akun Instagram resmi FIFA mengunggah foto Michael Essien yang mengenakan seragam Persib Bandung. Mendadak sontak, unggahan tersebut menarik perhatian para pengguna Instagram. Utamanya yang berasal dari Indonesia dan merupakan pendukung Persib Bandung.

Tekno Liputan6.com mencoba untuk menganalisis percakapan mengenai Persib Bandung di Twitter dan Instagram. Di rentang waktu Selasa (14/3/2017) hingga Jumat (17/3/2017) siang hari ini pukul 11.50 WIB, menurut tool yang kami gunakan, unggahan yang memuat kata kunci "Persib" dengan engagement terbanyak, berjumlah 2.228 unggahan yang berasal dari 1.403 pengguna berpengaruh (influential user). 

Percakapan Soal Persib di Media Sosial (1). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Engagement itu bisa berupa likes, komentar, retweet, regramm, atau reply. Semua unggahan itu, termasuk unggahan dari non-influential user, menjangkau hampir 53 juta pengguna media sosial, dengan total impressions (impresi, kesan) mencapai lebih dari 140 juta kali. 

Impression merupakan salah satu metrik di media sosial, yang menunjukkan berapa kali suatu konten dilihat oleh pengguna. Ketika berita ini dibuat, impressions sudah mencapai lebih dari 218 juta kali dengan jangkauan sekitar 87 juta pengguna. Tentunya, angka ini masih akan terus bertambah.

Percakapan Soal Persib di Media Sosial (2). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Beberapa akun berpengaruh yang mengunggah konten dengan kata kunci "Persib", yang banyak mendapat engagement, antara lain akun resmi Persib Bandung, PSSI, BBC Sport, dan lain-lain.

Sementara itu, bila dilihat dari apsek gender, 77,9 persen pengguna yang terlibat di percakapan ini adalah pria, sedangkan 22,1 persen sisanya wanita. Kemudian jika diperhatikan dari perangkat yang digunakan, mayoritas (49,6 persen) merupakan pengguna Android.

 

Percakapan Soal Persib di Media Sosial (5). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Demikian analisis percakapan dengan kata kunci Persib Bandung di media sosial dari kami.

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Beli Neymar, Skuat PSG Masih Kalah dari Real Madrid
Artikel Selanjutnya
Pertama Kali dalam 20 Tahun, Real Madrid Untung secara Beruntun