Sukses

Telkom Konsisten Bina UKM Go Digital

Selama 2016 Telkom menyalurkan kredit Rp 360,92 miliar kepada 10.956 UKM binaannya.

Liputan6.com, Bandung - Community Development Direktorat Human Capital Management PT Telkom konsisten membina sekaligus menyalurkan dana pembinaan hingga ratusan miliar kepada puluhan ribu usaha kecil menengah (UKM) binaannya.

Mochammad Sulthonul Arifin, Senior General Manager Community Development PT Telkom, mengatakan, dalam penyaluran pinjaman lunak, selama 2016 pihaknya menyalurkan kredit Rp 360,92 miliar kepada 10.956 UKM binaannya.

"Untuk tahun 2017 ini, angka penyaluran masih dalam perencanaan, tapi proyeksinya akan sama atau melebihi tahun sebelumnya. Dengan demikian, penyaluran kredit lunak tetap masif dan sejalan dengan upaya pembinaan kepada UKM binaannya," katanya.

Selanjutnya ia menjelaskan, selain pinjaman lunak, upaya pembinaan terbaru adalah melibatkan 150 UKM binaan terpilih di ajang Telkom Craft Indonesia bertemakan "Local Heroes to Global Champions" di Hall A Jakarta Convention Center, Jakarta, 10-12 Maret silam yang dibuka Menneg BUMN Rini Soemarno.

Disebut UMKM pilihan karena merupakan hasil seleksi dengan kriteria Tiga Go: Go Modern, Go Digital, dan Go Online. Jadi, salah satu parameternya adalah produknya sudah dipasarkan secara daring di blanja.com.

"Ada tiga jenis UKM yang ikut hadir Telkom Craft yaitu kerajinan, fashion, dan makanan. Ini wujud nyata kami selalu berupaya meningkatkan kualitas UKM di Indonesia sekaligus implementasi program Rumah Kreatif BUMN dengan UKM dari seluruh Indonesia," imbuhnya.

Ia menerangkan, Rumah Kreatif BUMN berusaha mengikis kesulitan klasik UKM Indonesia, yakni permasalahan acces to competence (bimbingan standar pengembangan produk, kualitas, manajemen, dan teknologi), acces to commerce (bimbingan akses ke pasar lebih luas melalui penjualan online), dan acces to capital (bimbingan mendapatkan akses permodalan).

"Karena itulah, teknologi digital diterapkan ke UKM yang ikut pameran ini. UKM tidak lagi manual, mereka digiring menggunakan teknologi digital setelah menjadi binaan kami. Usaha mikro mendapat referensi bisa menghasilkan produk berkelas dunia," katanya.

Salah satu teknologi yang diperkenalkan selain menjadi penyedia di blanja.com, juga dikenalkan sistem pembayaran daring melalui Telkomsel Cash (TCash). Uang elektronik Telkomsel ini dapat dijadikan deposit serta digunakan untuk semua transaksi.

(Msu/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini