Sukses

Facebook Hapus Video Pria Bunuh Diri di Jagakarsa

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Facebook menghapus video pria yang menyiarkan aksi bunuh dirinya di akun Facebook. Pria yang diketahui bernama Panghinggar Indrawan tersebut mengunggah video bunuh dirinya sekitar pukul 10.00 WIB.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (17/3/2017), video berdurasi 1 jam 44 menit itu pun masih bisa disaksikan hingga sekitar pukul 20.30 WIB.

Namun beberapa menit kemudian, video dengan konten tak pantas tersebut sudah menghilang dari akun Facebook. Melihat konten yang tak pantas di dalamnya, pihak Facebook langsung mengambil langkah cepat untuk menghapusnya.

Kendati demikian, video yang sama telah beredar di kanal lainnya, diduga video tersebut sudah diunduh pihak lain dan mengunggahnya kembali. 

Kemungkinan besar, langkah cepat Facebook menghapus video siaran langsung bunuh diri itu karena banyaknya pengguna yang melaporkan (report) adanya konten tak pantas di dalamnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara telah bertemu dengan perwakilan Facebook global pada pertengahan Februari lalu. Dalam pertemuan tersebut, Facebook berjanji untuk segera mengatasi konten negatif di Indonesia.

Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan sebelumnya mengatakan bahwa Facebook bersedia mengatasi konten negatif yang bersifat membahayakan negara maupun perseorangan dengan lebih cepat.

"Konten yang berbahaya untuk negara dan orang ini salah satunya adalah konten yang melanggar undang-undang dan membahayakan keselamatan seseorang, termasuk ujaran kebencian. Facebook berjanji akan menangani (take down) lebih cepat," kata Semuel saat itu.

Sekadar diketahui, pengguna internet di Indonesia malam ini dikejutkan oleh sebuah video dari akun Panghinggar Indrawan yang menyiarkan aksi bunuh dirinya secara langsung. Video tersebut sempat ditonton oleh sekitar 105 ribu kali.

Menurut pria yang disapa Indra itu, dirinya nekat melakukan aksi bunuh diri secara langsung lantaran merasa frustasi ditinggal istri dan anaknya. Dalam video, Indra juga sempat melambaikan tangan sebelum menggantungkan diri pada sebuah tali.

(Tin/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Siarkan Langsung di Facebook, Ayah Bunuh Anaknya Lalu Bunuh Diri
Artikel Selanjutnya
Polisi Selidiki Video Kekerasan yang Diunggah di Facebook