Sukses

5 Aksesori Wajib bagi Pengguna Nintendo Switch

Liputan6.com, Jakarta - Sudah pada beli Nintendo Switch? Konsol terbaru ini resmi dijual di pasaran pada 3 Maret 2017, dengan banderol harga di Indonesia sekitar Rp 6,4 jutaan ke atas.

Paket penjualan dengan harga tersebut meliputi konsol, Joy-Con (L/R), Joy-Con Grip, Joy-Con strap, Switch Dock, power adapter, dan kabel HDMI, serta dua buah gim The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan 1-2 Switch.

Sekadar informasi, membeli Nintendo Switch hanyalah langkah awal kamu untuk menikmati sebuah konsol gim yang unik bila dibandingkan konsol lainnya yang ada saat ini. Melengkapi hal tersebut, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk membeli beberapa aksesori tambahan Nintendo Switch.

Untuk membantu kamu, Tekno Liputan6.com merangkum aksesori yang wajib kamu miliki. Apa saja aksesori tersebut, berikut ini daftar lengkapnya.

1. Nintendo Switch Controller

Apa artinya sebuah konsol, jika tidak dilengkapi aksesori pendamping. Berbeda dengan Xbox One dan PS4 yang memiliki keterbatasan aksesori pendamping, Nintendo Switch memliki serangkaian aksesori pendamping menarik, salah satunya berupa kontroler.

Selain sebagai perangkat cadangan, kontroler tambahan ini dapat difungsikan, jika ada teman atau keluarga yang ingin ikutan main gim di konsol baru kamu.Nintendo Switch Pro Controller sangat sesuai digunakan saat bermain gim-gim aksi. (Sumber: Nintendo Life)

Rekomendasi

  • Nintendo Switch Joy-Con Controller - Rp 1,3 juta (Neon Red/Blue) dan Rp 1,250 juta (Grey)
  • Nintendo Switch Charging Grip - Rp 50 ribu (pre-order)
  • Nintendo Switch Pro Controller - Rp 1,3 juta

2. Travel Case

Seperti perangkat mobile lainnya, layar atau bodi Nintendo Switch rentan terhadap goresan, bila tidak digunakan dengan hati-hati. Apalagi saat kamu berniat memainkan konsol tersebut di jalan, atau saat main di rumah kerabat dan teman.

Dengan menggunakan ini, Nintendo Switch kamu pun akan lebih aman. (Sumber: Polygon)

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kamu segera membeli casing untuk melindungi konsol berharga yang kamu beli.

Rekomendasi

  • Hori Slim Hard Pouch Switch - Rp 225 ribu
  • Hori All in One Bag Switch - Rp 50 ribu (pre-order)
  • Hori Tough Pouch Switch - Rp 255 ribu
1 dari 2 halaman

5 Aksesori Wajib bagi Pengguna Nintendo Switch

3. Screen Protectors

Berkat screen protector, kamu pun sudah tidak perlu lagi khawatir dengan goresan. (Sumber: Gameidealist)

Aksesori ini terbukti sangat penting setelah beberapa pemilik Nintendo Switch mendapati layar konsol mereka tergores karena terlalu 'kasar' saat melepas dan memasang konsol tersebut ke dock.

Rekomendasi

  • Hori Screen Protector - Rp 50 ribu (pre-order)
  • Hori Scratch resistant liquid crystal Swtich - Rp 250 ribu

4. Powerbank

Baterai Nintendo Switch menawarkan durasi pemakaian yang beragam. Tergantung pada gim yang dimainkan, Nintendo Switch dapat bertahan antara 3 hingga 6 jam.

Powerbank akan sangat membantu sekali saat kamu sedang berada di luar rumah dan sulit menemukan stop kontak. (Sumber: Anker)

Karena itu, bila bersikeras memainkan Switch di jalan, ada baiknya kamu menyediakan sebuah powerbank yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai konsol ketika dalam perjalanan.

Rekomendasi

  • Anker PowerCore+ 20100mAh - Rp 1,4 juta
  • Hippo Gems 24000 mAh - Rp 310 ribu
  • Vivan Robot G3 Slim 11.000 mAh - Rp 350 ribu

 

5. MicroSD

Untuk media penyimpanan, kapasitas yang tersedia di Nintendo Switch memang cukup terbatas yaitu 32GB. Untungnya Nintendo menyediakan pilihan slot untuk microSD yang mendukung kapasitas sebesar 2TB.

Meski belum optimal, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri kamu dengan membeli sebuah MicroSD. (Sumber: Nintendo Life)

Karena itu, microSD berkapasitas di atas 32GB merupakan pilihan tepat buat kamu. Pastikan microSD yang kamu pilih minimal sudah class 10. Hati-hati dengan microSD palsu yang cukup banyak beredar.

Rekomendasi

  • Sandisk 200GB MicroSD Ultra 90mb/s UHS1 Class 10 - Rp 1,07 juta
  • Samsung MicroSD Evo Plus 128GB - Rp 730 ribu

(Ysl/Why)

Artikel Selanjutnya
Windows 10 Fall Creator Update Mulai Bergulir 10 Oktober 2017
Artikel Selanjutnya
Gim Anyar Nintendo Switch Bakal Gunakan MicroSD?