Sukses

Tak Cuma Marketplace, ShopBack juga Rangkul UKM Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Mengusung konsep berbeda dengan e-Commerce lainnya, startup asal Singapura ini akan memberikan cashback bagi pengguna yang berbelanja di toko-toko online atau merchant yang menjadi partner ShopBack.

Country General Manager ShopBack Indonesia Indra Yonathan memaparkan, saat ini ShopBack telah bekerja sama dengan 150 partner. Beberapa di antaranya adalah Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Matahari Mall, Tiket.com, JD.id, Blibli, Elevenia, dan Alfacart.

"Saat ini kami telah menggandeng sekitar 150 partner, sebagian besar adalah marketplace. Pun demikian, kami juga terbuka kepada usaha kecil menengah (UKM) yang ingin bekerja sama dengan kami," kata pria yang karib disapa Yo tersebut, saat berbincang santai dengan Tekno Liputan6.com, baru-baru ini.

Yo menjelaskan, bagi UKM yang ingin menjadi partner ShopBack sangat mudah. Para UKM, lanjutnya, cukup kontak ShopBack via live chat atau email.

"Kemudian, kami akan mengarahkan mereka (UKM) agar dapat diproses dengan cepat. Setelah memenuhi persyaratan, prosesnya rata-rata hanya membutuhkan waktu 2 jam. Beberapa mitra UKM yang telah bergabung dengan ShopBack adalah UKM Market dan Buah Hatiku," Yo menerangkan.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa saat ini ShopBack sebenarnya tak lagi fokus untuk meningkatkan jumlah partner, tetapi lebih memfokuskan diri untuk membangun komunitas.

"Kami saat ini lebih fokus membangun komunitas, misalnya mengakomodasikan pengguna untuk saling berbagi informasi di media sosial. Sebagai contoh, mereka bisa mengulas seputar pengalaman berbelanja di ShopBack, seperti sharing seputar informasi promo, voucher, dan lain sebagainya," ujar Yo.

Di sisi lain, Yo mengatakan bahwa ke depannya ShopBack akan membuat bazar online yang bertujuan untuk memfasilitasi orang yang berbisnis di Instagram atau media sosial lainnya, mempromosikan barang jualannya.

Sebagai informasi, mekanisme berbelanja melalui ShopBack, tidak akan membingungkan konsumen. Begitu konsumen berbelanja di salah satu toko online yang ada di jaringan ShopBack, mereka akan langsung diarahkan ke situs toko tersebut.

Cashback atau uang ekstra dari belanja tadi, secara otomatis masuk ke akun ShopBack konsumen dalam waktu 48 jam. Uang tersebut nantinya juga bisa ditransfer ke rekening tabungan pengguna.

(Isk/Cas)

Artikel Selanjutnya
BTN Beri Pelatihan UMKM agar Melek Teknologi
Artikel Selanjutnya
Perkaya Konten untuk TKI, Telin dan KMK Online Jalin Kemitraan