Sukses

Sony Ciptakan Teknologi Berbagi Daya Perangkat via NFC

Teknologi tersebut kelak membuat perangkat Sony bisa mengisi daya nirkabel via NFC.

Liputan6.com, Tokyo - Metode pengisian daya baterai biasanya dilakukan manual seperti mencolok ke port charging, atau juga mengisinya via powerbank. Nah, bagaimana jika keduanya tak lagi dianggap praktis?

Mengantisipasti hal tersebut, Sony menciptakan paten teknologi yang bisa mengisi daya dari perangkat milik teman secara nirkabel.

Dilansir Gizmodo, Senin (20/3/2017), teknologi ini akan menggunakan koneksi Near-Field Communication (NFC). NFC sudah banyak hadir di sejumlah smartphone Sony dan membuatnya dapat 'berkomunikasi' dengan smartphone lain yang juga punya NFC. Biasanya, NFC dilakukan untuk membayar transaksi digital.

Dengan teknologi berbasis NFC ini, paten tersebut akan memungkinkan perangkat Sony bisa 'menghisap' daya perangkat lain tanpa perlu repot menggunakan kabel.

"Teknologi ini akan sangat berguna dalam banyak hal. Pengguna nanti bisa berbagi daya secara nirkabel antara dua perangkat atau lebih," tulis Sony dalam deskripsi patennya.

Sayangnya, Sony belum bisa mengungkapkan apakan paten tersebut nanti akan hadir dalam produk komersil. Mereka juga tidak dapat memastikan apakah smartphone Xperia terbaru akan benar mendapatkan teknologi ini atau tidak.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.