Sukses

Samsung Resmi Umumkan Asisten Virtual Cerdas Bixby

Liputan6.com, Seoul - Samsung akhirnya resmi mengumumkan Bixby, asisten virtual besutannya, pada Senin (20/3/2017). Bixby akan tampil perdana di flagship smartphone terbaru Samsung Galaxy S8.

Seperti dilansir dari Mashable pada Selasa (21/3/2017), Bixby adalah asisten virtual yang berbeda, jika disandingkan dengan Siri, Cortana atau bahkan Google Assistant karen Bixby bisa terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lainnya.

Jadi, pengguna Galaxy S8 bisa memberi instruksi via suara ke Bixby ketika sedang menggunakan aplikasi tertentu. “Bixby adalah asisten virtual cerdas yang juga hadir di dalam aplikasi. Pengguna bisa memakainya kapan pun dan Bixby akan memahami konteks dan kondisi aplikasi yang tengah digunakan,” kata Samsung.

“Bixby juga akan memperkenankan pengguna memanfaatkan instruksi secara terus menerus. Pengguna yang ingin memesan makanan di aplikasi tertentu, akan diarahkan oleh Bixby sampai ke tahap akhir pemesanan. Ia pun bisa membantu pengguna dalam bertransaksi digital,” lanjutnya.

Bixby merupakan gabungan antara Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dengan keseluruhan sistem dan Application Programming Interface (API) yang terbuka untuk pengembangan pihak ketiga.

Kehadiran Bixby tentu tak lepas dari akuisisi Samsung terhadap startup bernama Viv Labs. Startup ini dibentuk oleh tiga orang yang sebelumnya pernah membantu membuat asisten virtual suara milik Apple yang bernama Siri.

(Jek/Why)