Sukses

10 Aplikasi Komputer yang Jarang Diperbarui Pengguna

Berikut ini 10 aplikasi komputer yang paling usang alias jarang diperbarui pengguna.

Liputan6.com, Jakarta Avast mengungkapkan, lebih dari setengah (52 persen) aplikasi komputer terpopuler, termasuk Flash dan Java ditemukan sudah usang.

Avast PC Trend Report Q1 2017 yang dibuat berdasarkan data dari produk AVG TuneUp, menyoroti 10 aplikasi usang teratas serta aplikasi dan hardware yang paling umum digunakan. Hal ini menunjukkan permasalahan yang dihadapi pengguna akibat tidak menjaga komputer mereka menjadi terbaru.

Hal yang paling berbahaya, pengguna mengekspos komputer mereka sehingga muncul ancaman pada data pribadi, sebagaimana malware mengincar versi lama dari aplikasi agar dapat mengeksploitasi celah keamanannya.

“Di dunia online, kebiasaan keamanan seperti menjaga aplikasi agar selalu diperbarui sangat berperan besar dalam tingkat perlindungan pengguna di Internet,” ujar Ondrej Vlcek, Chief Technology Officer, GM and EVP Consumer Business di Avast kepada Tekno Liputan6.com via email, Rabu (22/3/2017).

Ia menjelaskan, menjalankan aplikasi usang membuat pengguna komputer rentan terhadap serangan dari hacker yang paham mengeksploitasi celah keamanan yang mudah ditemukan atau lawas.

Penyebab pengguna masih menggunakan aplikasi usang mungkin dikarenakan karena pembaruan tidak terinstal dengan baik atau mereka menunda atau lupa untuk memperbarui meskipun telah diperingatkan.

"Kami merekomendasikan pengguna untuk membiasakan agar memeriksa komputer secara rutin dengan menggunakan aplikasi pembaruan secara otomatis, seperti yang kami sediakan pada AVG TuneUp dan pastikan versi antivirus selalu tetap terbaru,” pungkasnya.

Melalui data yang dikumpulkan secara anonim dari 116 juta komputer desktop dan laptop Windows yang menjalankan fitur Automatic Software Updater pada AVG TuneUp, Avast menemukan 10 aplikasi yang paling usang (jarang diperbarui pengguna). Berikut ini daftarnya:

1. Java (Runtime 6,7), Oracle Corporation
2. Flash Player (Active X), Adobe Systems
3. Foxit Reader, Foxit Software
4. GOM Media Player, Gretech
5. Nitro Pro, Nitro Software
6. WinZip, Corel Corporation
7. DivX, DivX LLC
8. Adobe Shockwave Player, Adobe Systems
9. 7-ZIP, Igor Pavlov
10. Firefox, Mozilla

Memuncaki daftar aplikasi yang paling jarang diperbarui adalah Java, yang merupakan framework populer untuk web dan beberapa aplikasi desktop dengan 24 juta pengguna menjalankan Java Runtime 6 dan 7 yang merupakan versi usang, serta 26 juta pengguna telah menggunakan versi terbaru yaitu Java 8 serta 70 persen pengguna belum menginstal rilis update terbaru (saat ini update 121).

Java ditempel ketat oleh Flash (ActiveX) di mana 99 persen penggunanya belum memperbarui komponen ini pada Internet Explorer dan Foxit Reader, dengan 92 persen pengguna masih menhalankan versi lama dari aplikasi tersebut.

Sebaliknya, aplikasi yang paling diperbarui adalah Google Chrome dengan 88 persen, Opera 84 persen, dan Skype 76 persen.

(Isk/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini