Sukses

Bertandang ke Penghasil Bibit Developer Aplikasi di Tangerang

Setelah hanya ada di Bandung, sekolah IT GeeksFarm dan Walden Global Services Hub akhirnya hadir di kawasan Green Office BSD City, Tangerang

Liputan6.com, Tangerang - Penuhi permintaan komunitas teknologi dan IT, sekolah IT GeeksFarm dan Walden Global Services (WGS) Hub hadir di kawasan Green Office BSD City, Tangerang. Sekolah yang sebelumnya hanya ada di Bandung, Jawa Barat ini membuka beasiswa sekolah IT gratis yang kemudian disalurkan kerja ke dalam maupun luar negeri.

"Sebelumnya kami sudah lebih lama ada di Bandung, namun untuk mengkolaborasikan antara GeeksFarm dengan WGS Hub, baru kami lakukan pertama kali di BSD," tutur Ikin Wirawan Chairman & Founder PT WGS.

Lebih lanjut, Ikin menjelaskan, WGS Hub terutama GeeksFarm sendiri dirancang untuk menghasilkan para apps developer dan software house berkualitas, serta menjadi sekolah startup di Indonesia.

Sebelum menjalani jenjang pendidikannya pun, calon pesertanya akan di-interview terlebih dulu minatnya ke mana, serta disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang bekerja sama.

"Tergantung kebutuhan perusahaan. Ada program akselerasi bagi perusahaan yang mau meluncurkan startup. Lalu pelatihan programming lengkap, itu dari usia anak, 8-15 tahun di tiap waktu libur mereka," tutur Ikin.

IT GeeksFarm dan Walden Global Services (WGS) Hub. Liputan6.com/Pramita Tristiawati

Anak-anak ini pun, lanjutnya, bukan sekadar diberikan bekal programming saja, melainkan juga membuat kreasi gim-gim yang bisa dimainkan di PC atau laptop. "Kalau sudah bisa belajar programming gitu, kita ajarkan juga mereka membuat gim. Jago-jago loh ternyata, jadi ide kreasi mereka mengalir," tutur Ikin.

Selain itu, untuk pencari kerja atau lulusan perkuliahan yang ingin memfokuskan kemampuan dibidang IT, Geeksfarm juga menyediakan startup school berdurasi 2 bulan. Program ini dikhususkan untuk recruitment programmer in-house karyawan perusahaan.

Peluang beasiswa bagi lulusan SMA/SMK atau yang berusia 18 tahun dan ingin mengembangkan diri di bidang IT juga dibuka seluas-luasnya. Sehingga setelah lulus, mau ditempatkan di perusahaan klien yang sudah bekerja sama selama ini.

"Tentu ada syaratnya, seperti nilai Matematika yang memadai, IQ, lulus psikotes dan tes yang kami berikan," tutur Ikin.

Sementara, Irawan Harahap selaku Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land mengaku, perkembangan industri IT di Indonesia jauh berkembang pesat di era belakangan ini. Tentu untuk terus mengejar kecanggihannya, harus dibarengi dengan sarana infrastruktur yang memadai, terutama di sektor pendidikannya.

"Ke depannya, GeeksFarm akan menjadi talent pool para apps developer muda yang handal untuk kemajuan IT Indonesia," katanya.

Tak hanya sampai disana, Irawan mengaku GeeksFarm dan juga sekolah berbasis IT lain yang sudah berada di kawasan BSD, nantinya akan menjadi satu kesatuan dengan Digital Hub BSD yang mulai beroperasi 2019 mendatang.

(Pramita Tristiawati/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.