Sukses

Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi Bersaing Ketat di Dunia Maya

Di internet, wali kota Bandung Ridwan Kamil dan bupati Purwakarta Dedi Mulyadi bersaing ketat.

Liputan6.com, Bandung - Di internet, nama wali kota Bandung Ridwan Kamil dan bupati Purwakarta Dedi Mulyadi bersaing ketat.

Denny Charter, Direktur Eksekutif IndexPolitica (big data platform) menjelaskan, walaupun Pilgub Jabar masih setahun lagi, pembicaraannya sudah bisa menyamai pembicaraan Pilkada DKI yang sekarang memasuki tahap putaran kedua.

Share of Voice Bakal Calon Gubernur Jawa Barat. Kredit: IndexPolitica

"Ada beberapa nama yang masuk radar pembicaraan di media sosial untuk Pilgub Jabar 2018, di antaranya Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, Deddy Mizwar, Dede Yusuf, Bima Arya, Netty Heryawan, sampai Desy Ratnasari. Khusus dua nama terdepan, sepertinya akan bersaing ketat untuk kandidat (bakal) calon Gubernur Jawa Barat," katanya kepada Tekno Liputan6.com, Rabu (22/03/2017).

Menurut dia, mengacu pantauan IndexPolitica, share of voice (banyaknya pembicaraan) Ridwan Kamil mencapai 33,74 persen, diikuti Dedi Mulyadi dengan 25,01 persen. Namun dalam sentimen pembicaraannya, Dedi lebih unggul dengan [30,18:7,62], sementara Ridwan Kamil [15,47:5,12].

Selain pembicaraan di media sosial, cakupan pemberitaan di media daring utama nasional pun relatif berimbang untuk kedua tokoh tersebut. Ridwan Kamil mengantongi media coverage 41,05 persen, sedangkan Dedi Mulyadi 31,83 persen.

Sentiment Index Calon Gubernur Jawa Barat. Kredit: IndexPolitica

"Kedua tokoh ini memilik banyak kesamaan yakni tokoh muda yang sukses membangun citra positif untuk daerahnya masing masing. Ketokohan mereka tidak diragukan lagi, Dedi berhasil menyulap Purwakarta menjadi begitu artisitik dan Kang Emil berhasil menata Kota Bandung menjadi begitu cantik," pungkasnya.

Diwartakan sebelumnya, Partai Nasdem Jawa Barat resmi mendeklarasikan dukungannya kepada Ridwan Kamil untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Barat. Deklarasi dilakukan di Lapangan Monumen Bandung Lautan Api (Tegalega), Minggu (19/3/2017).

"Partai Nasdem menyatakan mendukung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat 2018-2023," ujar Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berkomentar terkait pencalonan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang. Dedi mengaku senang mendengar Ridwan Kamil dideklarasikan oleh Partai Nasdem melalui sebuah acara yang digelar di Lapangan Tegallega, Bandung, Minggu 19 Maret 2017 kemarin.

"Saya ucapkan selamat kepada Kang Emil yang sudah diusung Partai Nasdem. Sebagai sahabat saya senang mendengarnya karena beliau sudah siap maju di Pilgub Jabar," ujar Dedi di Purwakarta, Senin (20/3/2017).

(Msu/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini