Sukses

Pengguna Google Maps Kini Bisa Berbagi Lokasi secara Real-Time

Liputan6.com, Jakarta - Pertanyaan “sekarang sedang di mana?” atau “kira-kira kapan tiba di sini?” adalah pertanyaan yang paling sering dilontarkan teman, ketika kamu tengah dalam perjalanan. Namun sering kali, kita tidak bisa memberi tahu posisi kepada teman karena terhalang kemacetan atau bahkan tidak tahu lokasi yang kita lewati.

Google memanfaatkan Google Maps dengan menawarkan fitur terbaru, yang memungkinkan pengguna berbagi lokasi secara real-time ke teman-teman atau kerabat ketika sedang dalam perjalanan. Menggunakan fitur ini tidaklah sulit.

Berdasarkan keterangan resmi yang disampaikan Google Indonesia kepada Tekno Liputan6.com, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Google Maps, lalu membuka pilihan menu yang ada di samping atau juga tap pada lingkaran kecil berwarna biru yang dapat menunjukkan di mana pengguna berada. 
Setelahnya, tap pada pilihan berbagi lokasi (Share Location) dan pilih kontak yang hendak kamu bagikan.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur berapa lama durasi waktu berbagi lokasi dengan mudah. Lokasi bisa dikirim ke kontak Google atau juga berupa tautan ke aplikasi perpesanan instan yang sering digunakan.

Saat pengguna telah membagikan lokasi, teman atau kerabat otomatis bisa melihat lokasi secara langsung dengan visualisasi ikon di atas kompas.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa berbagi trip progress ketika terlambat datang ke tempat tujuan. Caranya, tap pada pilihan lainnya (more) yang ada di bawah layar navigasi, kemudian pilih berbagi lokasi (Share Trip).

Setelah kamu membagikannya, teman atau kerabat akan melihat perkiraan kapan kamu akan tiba di lokasi serta dapat memantau perjalanan selagi berjalan ke destinasi tujuan.

Bagaimana, mudah bukan? Yuk coba fitur terbaru ini dengan memperbarui Google Maps kamu di perangkat iOS dan Android.

(Jek/Why)

Artikel Selanjutnya
Video Preview Nongol dalam Hasil Pencarian Google di Android
Artikel Selanjutnya
Pengguna Kini Bisa Telepon via Google Home