Sukses

Simak Tips untuk Menghindari Penipuan di Aplikasi Pesan Instan

Liputan6.com, Jakarta - Penjahat cyber tak pernah kehabisan cara untuk menipu para korban, termasuk melalui metode seperti phishing dan scam.

Mereka biasanya berusaha membuat korban mengklik link palsu untuk mendapatkan informasi pribadi pengguna, atau berpura-pura menjadi kenalan korban untuk mendapatkan uang.

Menyadari metode penipuan yang banyak terjadi di layanan internet, termasuk aplikasi chat, maka BlackBerry Messenger (BBM) mengimbau pengguna agar selalu waspada.

"Semakin banyaknya konsumen menggunakan ponsel untuk chatting, berhubungan dengan kolega hingga membeli barang, para penipu juga kian kreatif untuk mendapatkan informasi pribadi dan mengakses kontak Anda. Ancaman ini ada di semua media sosial, chat, email dan website," tulis BBM dalam keterangan resminya, Jumat (24/3/2017).

Salah satu bentuk penipuan (Foto: Ist)Agar tak menjadi korban, ada sejumlah skenario penipuan yang harus Anda ketahui. Beberapa di antaranya adalah penipu yang menyamar sebagai salah satu kontak Anda, biasanya meminta sesuatu yang tidak biasa seperti mengirimkan uang. Anda bisa saja menerima pesan agar menonton video gratis atau yang berisi konten tidak pantas.

Anda juga harus waspada ketika menerima pesan dari orang tak dikenal atau ada kontak Anda yang berkomunikasi tidak seperti biasanya. Anda sebaiknya tidak sembarangan mengklik link, terutama jika ada salah penulisan URL.

Salah satu bentuk penipuan (Foto: Ist)Selain itu, Anda juga jangan mudah percaya jika mendapatkan pesan berisi pemberitahuan seperti memenangkan hadiah atas undian yang tidak pernah Anda ikuti. Penipuan semacam ini sering terjadi.

Nah, salah satu hal harus dihindari agar tidak menjadi korban penipuan adalah tidak mencantumkan BBID dan password di sebuah website, yang berasal dari link di BBM.

"BBM tidak akan pernah meminta Anda memasukkan BBID dan password ke sebuah website. Jika terjadi demikian, ini adalah salah satu indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak benar dengan pesan tersebut. Anda harus keluar dari website itu secepatnya," jelas BBM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Hindari Penipuan BBM

Sebagai bentuk pencegahan, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Buat pertanyaan password recovery
Pertama akses Settings, kemudian log in BBID dan atur pertanyaan password recovery.

2. Konfirmasi email
Jika ada keterangan "Confirm my email" di Account Information, klik informasi tersebut. Lalu lakukan konfirmasi menggunakan link yang dikirim ke email Anda.

Jika ada masalah dengan BBID seperti karena phishing, langkah ini bisa membantu Anda. Karena pengguna bisa memulihkan BBID menggunakan opsi "Forgot password".

3. Daftarkan nomor ponsel
Bagi pengguna baru, fitur ini akan memungkinkan pengguna iOS dan Android untuk membuat akun BBM dengan nomor ponsel. Ini akan menyederhanakan proses pendaftaran.

Salah satu bentuk penipuan (Foto: Ist)"BBM berkomitmen untuk membuat sebuah perusahaan yang melawan penipuan di platform kami. Konsumen harus tetap berhati-hati dan waspada terhadap berbagai upaya penipuan yang mengatasnamakan BBM," tulis BBM.

Konsumen juga bisa berperan menghentikan penipuan dengan cara screenshot atau mengambil gambar link penipuan, alamat website atau pesan mencurigakan. Kemudian kirimkan bukti tersebut ke support@bbmtek.com.

(Din/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini