Sukses

Facebook Mulai Uji Coba GIF di Kolom Komentar

Liputan6.com, Jakarta - Facebook mulai melakukan uji coba penggunaan GIF di kolom komentar. Hal ini merupakan tindak lanjut setelah Mark Zuckerberg pada Desember 2016 lalu di ajang Facebook Live, mengindikasikan bahwa jejaring sosial terbesar di dunia ini akan mendukung GIF.

Sebagian kecil pengguna yang terlibat uji coba, sebagaimana dikutip dari Venture Beat, Sabtu (25/3/2017), mulai bisa menjajal fitur ini.

"Semua orang menyukai GIF dan kami tahu bahwa mereka ingin menggunakan GIF di kolom komentar," kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan. "Oleh sebab itu, kami mulai menguji fitur ini dan kami akan memberi tanggapan lebih lanjut. Namun sekali lagi, untuk sekarang, fitur ini baru sekadar uji coba."

Bagi sebagian pengguna, dukungan GIF di kolom komentar mungkin saja bukan fitur yang terlalu 'wah'. Karena sama sekali tidak menyebut nama mitra yang akan dilibatkan di fitur ini, boleh jadi Facebook akan menggandeng layanan penyedia GIF populer yang sudah ada.

Belum diketahui, uji coba fitur baru ini akan berlangsung berapa lama, tetapi mungkin tujuan utamanya adalah untuk mengetahui apakah pengguna Facebook benar-benar akan menggunakan GIF di kolom komentar.

Saat ini, jika pengguna ingin berkomentar dengan GIF, ia harus pergi ke Giphy, Tenor, Imgur, atau beberapa layanan penyedia FIG lainnya, kemudian menyalin (copy) dan menempelkan (paste) URL dari GIF yang ia pilih. Cara ini betul-betul bekerja, tetapi tidak simpel. Hal inilah yang mungkin menyebabkan lebih banyak orang hanya menggunakan Reaction ketimbang GIF untuk merespons suatu konten di Facebook.

(Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.