Sukses

Top 3: Robot Rover Milik NASA Rusak Paling Hits

Artikel tentang robot rover penjelajah Mars milik NASA yang mengalami kerusakan, menyedot perhatian di kanal Tekno Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang robot rover penjelajah Mars milik NASA yang mengalami kerusakan, menyedot perhatian pembaca dan menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi Sabtu (25/3/2017).

Tak hanya itu, dua artikel lain yang juga menyedot perhatian pembaca adalah artikel tentang penggunaan GPS yang bisa mematikan kinerja otak, dan jajaran ponsel terbaru Nokia yang akan segara sambangi 120 negara di dunia.

Selengkapnya, simak Top 3 Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. 4,5 Tahun Kitari Mars, Robot NASA Mulai 'Lumpuh'

Robot rover penjelajah Mars milik NASA, Curiosity, dilaporkan mengalami kerusakan. Kerusakan robot yang sudah mengitari tanah Planet Merah selama 4,5 tahun tersebut terjadi di bagian rodanya.

NASA menginformasikan insiden ke publik pada pekan lalu. Meski begitu, kerusakan Curiosity tidak dianggap hal serius bagi Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut.

'Masa kerja' Curiosity sebetulnya lebih panjang dari yang sudah diperkirakan NASA. Mereka bahkan mengungkap, durasi tugas robot rover ini berlangsung dua kali lipat lebih lama dari yang sudah direncanakan. Karena itu, faktor kerusakan di roda robot sudah mereka prediksi akan terjadi setelah tahun keempat.

Selanjutnya baca di sini

2. Penggunaan GPS Ternyata Bisa Matikan Kinerja Otak

Hasil studi terbaru menunjukkan bahwa mengikuti petunjuk GPS atau navigasi satelit rupanya bisa mematikan kinerja bagian otak yang berfungsi untuk navigasi.

Sebagaimana laporan UPI yang dikutip Tekno Liputan6.com, Sabtu (25/3/2017), sekelompok peneliti di University College London memindai otak 24 relawan saat mereka menggunakan arahan GPS di lingkungan Soho pusat kota London.

Para ilmuwan memusatkan perhatian mereka pada hippocampus atau wilayah otak yang dipakai untuk memori dan navigasi. Selain itu, para peneliti juga berfokus pada prefrontal cortex, bagian otak yang dipakai untuk perencanaan dan pengambilan keputusan.

Selanjutnya baca di sini

3. Jajaran Ponsel Terbaru Nokia Segera Rilis di 120 Negara

HMD Global akan merilis jajaran ponsel terbaru Nokia di 120 negara secara serentak pada kuartal II 2017. Produk-produk baru itu adalah smartphone Nokia 6, Nokia 5, Nokia 3 dan feature phone Nokia 3310.

Dilansir GSM Arena, Jumat (24/3/2017), pihak HMD telah mengonfirmasi rencana peluncuran tersebut. Semua ponsel Nokia itu akan dirilis pada periode kuartal kedua 2017.

Meski dirilis pada Q2 2017, semua ponsel terbaru Nokia tidak akan meluncur pada hari yang sama. Kemungkinan jajaran ponsel akan dirilis bergiliran selama Mei 2017.

Selanjutnya baca di sini

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.