Sukses

Resmi, Google Tutup Site Search per 1 April

Liputan6.com, Jakarta - Google telah mengumumkan bahwa perusahaan berbasis di Menlo Park tersebut akan menutup layanan Site Search miliknya.

Berdasarkan e-mail yang dikirim oleh Google ke pelanggan dan mitranya, layanan ini akan mulai ditutup pada 1 April 2017. Demikian yang dikutip dari laman The Techportal, Minggu (26/3/2017).

Sekadar informasi, Site Search merupakan sebuah layanan yang Google rancang dan buat khusus bagi pemilik laman situs yang ingin menambahkan kemampuan pencarian Google ke dalam situs buatan mereka sendiri.

Karena ditutup, seluruh pengguna Site Search akan dialihkan akunnya ke layanan pencarian komersial Google lainnya yang bernama Custom Search Engine (CSE). Meskipun keduanya merupakan layanan buatan Google, Site Search dan CSE ternyata memiliki perbedaan.

Contohnya, dengan harga tertentu Site Search dapat menampilkan hasil pencarian dari lama situs lokal. Sedangkan CSE adalah layanan gratis yang dapat menghasilkan uang dengan memasukkan beberapa iklan Google di antara hasil pencarian.

Secara teknis, layanan Site Search ini baru akan ditutup aksesnya secara total pada 1 April 2018, atau ketika akun berbayar yang menggunakan layanan sudah mencapai akhir kontraknya.

Jelang penutupan layanan pada April tahun depan, Google masih akan terus menawarkan pelanggan yang membutuhkan bantuan teknis hingga tanggal yang ditentukan tiba.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.