Sukses

6 Produk Termahal Apple yang Laris Manis

Liputan6.com, Jakarta - Produk-produk Apple terkenal dengan harganya yang lebih tinggi dibanding produk sejenis dari merek lain. Mulai dari ponsel hingga komputer, tablet, sampai ke back case pun harganya terbilang lebih mahal.

Reputasi ini membuat Apple mendapat julukan "Apple Tax" lantaran banyak konsumen yang rela membayar lebih mahal agar sebuah logo Apple menghiasi produk mereka.

Rupanya harga tinggi yang ditawarkan Apple untuk tiap produk ini sudah diberlakukan di awal kemunculan perusahaan besutan Steve Jobs dan Steve Wozniak. Apa saja produk Apple yang termahal namun tetap laris manis?

Berikut Tekno Liputan6.com sajikan 6 produk termahal Apple yang ternyata laris manis sebagaimana dikutip dari Business Insider, Senin (27/3/2017).

1. Apple LISA

Komputer Apple Lisa pernah muncul dalam film 'Steve Jobs' yang dibesut oleh Danny Boyle dan Aaron Sorkin pada 2015. Dalam film tersebut, Jobs yang diperankan Michael Fassbender menghabiskan waktu di depan komputer yang dinamai Lisa, seperti nama putrinya.

Tahukah kamu, Apple Lisa dijual sebesar US$ 9.995 atau setara Rp 133 jutaan pada tahun 1985. Jika dijual pada tahun 2017, Lisa kemungkinan dijual US$ 24 ribu atau setara Rp 320 jutaaan. Harga mahal itu ternyata diimbangi dengan kemampuan Lisa yang merupakan komputer pertama dengan mouse dan sistem antarmuka grafis.

Apple Lisa, komputer pertama yang menggunakan mouse dijual Rp 133 jutaan (Sumber: Business Insider)

2. Macintosh Edisi 20 Tahun Apple (TAM)

Komputer lainnya yang juga dijual dengan banderol mahal adalah Macintosh edisi 20 tahun Apple. Perangkat ini dijual pada 1997 seharga US$ 7.499 atau setara Rp 100 jutaan.

TAM disebut-sebut merupakan leluhur iMac. Komputer ini dibekali dengan berbagai komponen yang tertanam dalam tubuh rampingnya. Dalam satu tahun Apple memangkas harga TAM sebesar US$ 1.995 atau Rp 26,6 juta saat membersihkan sahamnya. Saat perangkat itu terjual habis, Apple menghentikan produksi TAM.

Komputer Macintosh edisi 20 tahun Apple (TAM) dijual Rp 97,3 jutaan. (Sumber: Business Insider)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komputer Portabel

3. Macintosh Portable

Pada September 1989, Apple mengumumkan komputer portabel alias komputer jinjing pertamanya, Macintosh Portable. Meski tak terhubung dengan kabel, komputer tersebut memiliki bobot layaknya bola bowling yang tentunya sangat berat untuk dijinjing.

Lantaran merupakan komputer portabel pertama, mereka yang menginginkan produk ini harus membayar US$ 7300 atau setara Rp 97,3 jutaan. Jika dihitung dengan kurs dengan saat ini ditambah inflasi dan lain-lain, Macintosh Portable bisa dihargai US$ 14.300 atau Rp 190,6 jutaan.

Komputer portabel pertama Apple, Macintosh Portable dijual Rp 97,3 jutaan (Sumber: Business Insider)

4. Apple LaserWriter

Apple LaserWriter merupakan salah satu printer laser pertama yang tersedia di pasar. Kehadirannya dianggap sangat membantu bagi penerbitan. Namun, harga printer laser ini sangat mahal. Tercatat, printer tersebut dijual US$ 7000 atau setara Rp 93,3 jutaan pada tahun 1985 atau setara US$ 16 ribu (setara Rp 213,3 jutaan) jika disesuaikan dengan kurs saat ini.

Hebatnya, pada tahun tersebut, printer laser ini sudah bisa dipakai bersama untuk sekitar selusin komputer. Oleh karenanya, printer ini dianggap cocok untuk keperluan bisnis.

Apple Laser Writer alias printer laser Apple dijual seharga Rp 93,3 jutaan (Sumber: Business Insider)

 

3 dari 3 halaman

Smart Watch Apple

5. Apple Watch Pertama

Apple mulai menjual Apple Watch pada tahun 2015, saat itu harganya mencapai US$ 349 atau setara Rp 4,6 jutaan untuk model dasar. Jangan salah, Apple juga menghadirkan barang-barang mahal untuk kolektor, yakni dengan kehadiran Apple Watch "Edition". Produk ini dijual mulai dari US$ 10 ribu atau Rp 133,3 jutaan untuk casing rose gold. Sementara untuk model jam dengan warna rose gold dengan emas 18 karat dijual US$ 17 ribu atau setara Rp 226 jutaan.

Apple Watch adalah jam pintar pertama Apple yang dibanderol hingga Rp 226 jutaan untuk Apple Watch Edition (Sumber: Business Insider)

6. Mac Pro

Tahun 2013, Apple memperkenalkan desktop Mac Pro dengan harga yang sangat mahal. Harga satu produknya bisa mencapai US$ 20.934 atau setara Rp 279 jutaan.

Dekstop Mac Pro dijual sekitar Rp 279 jutaan (Sumber: Business Insider)

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.