Sukses

5 Aplikasi untuk Simpan Dokumen Rahasia di Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Lumrah rasanya jika menyebut pengguna smartphone ingin mengutamakan privasi dokumen, entah itu foto atau video.

Nah, bagaimana jika ada teman atau kerabat kita iseng meminjam smartphone dan mengutak-ngatik isinya, apalagi ada beberapa foto atau dokumen pribadi yang tak ingin diperlihatkan? Pastinya jengkel, bukan?

Untuk bisa menyimpan dokumen tersebut secara rahasia, ada cara mudahnya. Kamu tidak memerlukan trik khusus, yakni hanya perlu mengunduh aplikasi yang dapat menyimpan foto atau dokumen secara privat.

Seperti dilansir Mashable, Rabu (279/3/2017), ada lima aplikasi yang bisa menyimpan semua itu dengan privat. Ibarat 'brankas', aplikasi ini hanya bisa diakses si empunya dengan kata sandi khusus. Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Private Photo Vault (iOS dan Android)

Private Photo Vault adalah aplikasi yang bisa menyimpan dokumen secara aman. Aplikasi ini menawarkan pilihan keamanan di mana pengguna bisa mengaksesnya dengan mengetik kata sandi.

Menariknya, pengguna bisa memperkuat keamanan dengan menambah opsi kata sandi tambahan.

Vaulty (Android)

Sama halnya dengan Private Photo Vault, Vaulty adalah aplikasi yang bisa menyimpan dokumen, baik itu foto dan juga video, secara aman dalam album pribadi.

Secara mekanisme, pengguna bisa menyimpannya di dalam album via aplikasi yang harus diakses dengan kata sandi.

1 dari 2 halaman

Gallery Vault hingga Vault for iOS

Gallery Vault (Android)

Tak hanya menawarkan fitur menyimpan dokumen secara rahasia, fitur menarik Gallery Vault lainnya adalah bisa 'menyembunyikan' diri di menu home screen. Jadi, pengguna bisa mengaturnya untuk tampil secara transparan.


Aplikasi ini juga menawarkan opsi unduh dokumen secara rahasia dari browser yang tersedia. Dokumen yang diunduh akan otomatis tersimpan di dalam Gallery Vault, bukan tersimpan di dalam galeri smartphone.

KeepSafe (iOS dan Android)

KeepSafe berfungsi sama halnya dengan ketiga aplikasi yang disebutkan di atas. Bedanya, aplikasi ini memiliki opsi yang memungkinkan penggunanya menyimpan screenshot secara langsung ke aplikasi.

Vault for iOS (iOS)

Aplikasi yang dirilis khusus untuk iOS tersebut juga menawarkan fitur serupa. Berbeda dengan yang biasanya, Vault for iOS menawarkan fitur keamanan selain akses dengan kata sandi. Pengguna pun bisa mengatur cara akses hanya dengan menempelkan jarinya via Touch ID.

(Jek/Cas)

Artikel Selanjutnya
6 Aplikasi di Gawai Bikin Karier Makin Cemerlang
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik