Sukses

Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Puncaki Trending Topic Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Nyepi yang jatuh pada hari ini, Selasa (28/3/2017), menduduki peringkat pertama trending topic Twitter di Indonesia.

Hingga berita ini naik, ada sekitar lebih dari 14 ribu cuitan netizen seputar Hari Raya Nyepi. Kebanyakan memberikan ucapan selamat kepada umat Hindu yang merayakan Nyepi.

Sekadar informasi, Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu juga diartikan sebagai perayaan Tahun Baru Saka. Tata cara pelaksanaannya dengan sejumlah kegiatan 'nyepi'.

Adapun kegiatan adalah Catur Brata Penyepian, dengan beberapa tata cara "amati geni" (tidak menyalakan api), "amati lelanguan" (tidak berkegiatan atau berhura-hura), "amati karya" (tidak bekerja) dan "amati lelungan" (tidak bepergian).

Suasana khidmat perayaan Nyepi terasa begitu kental di Bali, yang mana menjadi satu-satunya pulau di Indonesia di mana dapat 'beristirahat' secara utuh selama satu hari penuh.

Berikut cuitan para netizen seputar Hari Raya Nyepi yang juga membuatnya menjadi trending topic:

Sebelumnya, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), majelis tertinggi umat Hindu di Bali, telah mengeluarkan pedoman tentang pelaksanaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1939, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan tempat, waktu dan keadaan desa adat (desa kala patra).

(Jek/Cas) 


Artikel Selanjutnya
Umat Hindu Rayakan Hari Suci Galungan Hari Ini
Artikel Selanjutnya
Segmen 3: Bali Lengang saat Catur Brata Penyepian