Sukses

3 Konsol Gim Hybrid Paling Aneh di Dunia

Sebelum ada Nintendo Switch, siapa yang akan menduga PC IBM dan konsol rumahan dapat melebur menjadi sebuah konsol gim yang unik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum ada Nintendo Switch, siapa yang akan menduga PC IBM dan konsol rumahan dapat melebur menjadi sebuah konsol gim unik dan aneh yang pernah ada di dunia pada 1990an.

Sebelum Nintendo meluncurkan konsol hybrid yang diberi nama Nintendo Switch, nyatanya pada era tersebut beberapa perusahan teknologi sempat meluncurkan konsol/PC gim hybrid 'racikan' mereka sendiri.

Berbeda dengan Nintendo Switch, perangkat buatan vendor teknologi pihak ketiga ini harus dipasangkan ke dalam PC layaknya kartu grafis dan kartu suara yang terpasang di dalam PC saat ini.

Dengan perangkat ini, pemain dapat memainkan beberapa judul gim konsol kenamaanl, seperti Sega Saturn dan Sega Mega Drive.

Penasaran ingin tahu seperti apa bentuk perangkat tersebut? Merangkum dari laman PC World, Tekno Liputan6.com sajikan 3 konsol hybrid paling unik yang pernah dirilis di pasaran.

1. 3DO Blaster (1994)

3DO Blaster. (Doc: Creative Labs)

Di era 90-an, banyak pengguna PC mengenal merek Creative Labs dengan beberapa seri ternama seperti Sound Blaster, Modem Blaster, Game Blaster, dan masih banyak lagi.

Dari seluruh seri Blaster yang Creative Labs perkenalkan, ada satu produk Blasters yang tampil unik dan aneh disaat itu.

Adalah 3DO Blaster, sebuah perangkat yang dapat merubah IBM PC menjadi sebuah konsol gim 3DO, lengkap dengan drive CD-ROM, kartu ISA (Industry Standard Architecture), dan bisa dipasangkan dengan kontroler 3DO.

Saat meluncur di pasaran, perangkat ini di banderol dengan US$ 400 atau setara dengan Rp 5,3 juta, lengkap dengan beberapa judul gim. Sebuah harga yang tinggi untuk perangkat gim saat itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sega TeraDrive dan Diamond Edge 3D

2. Sega TeraDrive (1991)

Sega TeraDrive. (Doc: Sega)

Masih di masa kejayaan konsol gim di 90an, Sega meluncurkan perangkat yang bernama TeraDrive, sebuah PC buatan IBM berbasis 286 yang di dalamnya terpasang teknologi serupa dengan konsol Sega Genesis.

Seperti PC IBM lainnya, Sega TeraDrive juga dapat menjalankan program MS-DOS. Tak hanya itu, pengguna juga dapat memainkan gim-gim Genesis di PC, dan juga dapat mengembangkan gimnya sendiri menggunakan SDK yang tersedia.

3. Diamond Edge 3D (1995)

 

Diamond Edge 3D. (Doc: VGAMuseum)

Kenal dengan merek Nvidia? Pastinya kamu pengguna PC sudah tidak asing lagi dengan perusahaan pembuat GPU kenamaan ini.

Lewat NV1, Nvidia memperkenalkan chipset grafis akselerator yang mampu memiliki performa hardware mirip dengan konsol Sega Saturn.

Dibundle bersamaan dengan Diamond Edge 3D, NV1 merupakan satu-satunya set kartu grafis PC yang mendukung kontroler Sega Saturn bawaan, dan beberapa gim di CD.

Tidak seperti beberapa perangkat yang ada di dalam daftar ini, Diamond Edge 3D tidak bisa memainkan langsung gim-gim Saturn. Untuk mengakomodir keterbatasan tersebut, Sega meluncurkan 6 judul gim paling populer miliknya untuk bisa dimainkan menggunakan kartu grafis ini.

(Ysl/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini