Sukses

3 Fitur Keren Android O Ini Seharusnya Bisa Apple 'Tiru'

Liputan6.com, California - Android O, sistem operasi teranyar Google, resmi diumumkan pekan lalu. Sejumlah pembaruan dipastikan akan hadir, seperti dukungan audio kualitas terbaik via Bluetooth, performa baterai lebih optimal, animasi ikon lebih adaptif, dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur tersebut, seharusnya bisa saja Apple tiru untuk sistem operasi teranyarnya, iOS 11. Analis menilai iOS memiliki perkembangan fitur lebih pasif ketimbang Android. Maka itu, mereka menyarankan Apple 'mencuri' beberapa fitur untuk mengoptimalkan iOS 11.

Dikutip dari Cult of Mac, Jumat (31/3/2017), berikut ini tiga fitur terbaru Android O yang seharusnya bisa Apple tiru.

Picture in Picture

Fitur Picture in Picture Android O sebetulnya sudah ada di iPad. Sayang, fitur ini belum juga hadir di perangkat iPhone.

Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat layar perangkat menjadi dua. Contoh, saat menonton video dan ingin membuka aplikasi lain, mereka bisa memanfaatkan fitur ini dengan minimize layar video yang ditonton, atau sebaliknya.

Notification Snoozing

Fitur ini memperkenankan pengguna menunda notifikasi yang muncul di layar. Layaknya snooze pada alarm, notifikasi yang hendak muncul juga bisa ditunda dan pengguna bisa mengatur waktu kapan notifikasi itu dapat muncul lagi, entah dalam waktu 15 menit, 30 menit atau 1 jam.

1 dari 2 halaman

Notification Channel

Notification Channel

Salah satu fitur yang sebaiknya juga Apple tiru dari Android O adalah notification channel. Fitur ini membuat pengguna bisa mengelompokkan atau bahkan memblok jenis notifikasi yang hendak muncul.

Ketika menyortir aplikasi, pengguna bisa memilahnya berdasarkan kategori atau keinginan sendiri, seperti notifikasi berdasarkan prioritas hingga, yang tidak penting sekalipun. Selain itu, tampilan baru push notification di Android O juga dipoles sedemikian rupa menjadi lebih baik.

(Jek/Why)

Artikel Selanjutnya
Yuk, Ajak Wajah 'Berdansa' dengan Gim FaceDance Challenge
Artikel Selanjutnya
Aplikasi Kamera Pixel Bisa Dipakai Smartphone Android Lain