Sukses

⁠⁠Menjajal Bixby, Asisten Virtual Pintar dari Samsung

Bixby adalah asisten virtual yang diperkenalkan Samsung bersamaan dengan peluncuran Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus di New York, AS.

Liputan6.com, New York - Bixby adalah asisten virtual yang diperkenalkan Samsung bersamaan dengan peluncuran Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus di Gaffen Hall, Lincoln Center, New York, Amerika Serikat, Rabu (29/3/2017) waktu setempat.

Aplikasi ini tersedia secara default di Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus dan menjadi salah satu selling point di kedua smartphone premium terbaru itu. Bixby bahkan mampu menyedot perhatian para awak media yang menghadiri acara peluncuran seri Galaxy terbaru, termasuk Tekno Liputan6.com yang juga turut hadir di acara tersebut.

Samsung mengklaim, Bixby tahu semua yang ditampilkan di layar dan mengerti apa yang pengguna butuhkan. Bixby bahkan disebut sebagai cara baru untuk melakukan pencarian dan berinteraksi dengan smartphone. Dari mulai berkomunikasi lewat teks, gambar hingga suara.

Kami pun tak sabar untuk menjajalnya, dan salah satu metode yang kami gunakan adalah melakukan perintah kepada Bixby melalui gambar. Pertama, kami membuka Bixby via tombol shortcut yang berada di sebelah kiri bodi Galaxy S8/Galaxy S8 Plus (berdekatan dengan tombol volume).

Setelah itu, cukup tab ikon mata (disebut Vision) di kanan atas layar dekat tombol "Settings". Kemudian kami mengambil gambar sebuah kamera compact lalu pilih "Image" atau "Shopping" di bagian bawah layar.

Tim Tekno Liputan6.com menjajal Bixby melalui perintah gambar untuk mencari model kamera. (Liputan6.com/Iskandar)

Saat memilih Image, Bixby akan melakukan pencarian dan menampilkan beberapa gambar kamera tersebut atau yang mirip dengan model kamera yang sedang dicari.

Bila kamu memilih Shopping, Bixby akan memberikan informasi, di toko online mana saja kamera itu tersedia. Menarik bukan? Dari segi tampilan, Bixby terlihat simpel dan fresh, mirip seperti timeline yang ada di Google Now.

Mengenai fitur perintah suara, saat ini Bixby baru bisa memahami bahasa Inggris dan Korea. Untuk sementara, pengguna hanya bisa menggunakan kedua bahasa itu untuk berkomunikasi dengan Bixby.

Seiring waktu berjalannya, Samsung berencana akan menggulirkan dukungan pembaruan untuk bahasa lainnya. Namun perusahaan asal Korea Selatan itu belum mengungkapkan jadwal peluncuran tambahan bahasa. Untuk tahap awal, Bixby bisa digunakan di 11 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan.

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini