Sukses

5 Tips untuk Mendapat Repeat Visitor ke Situs Web dan Toko Online

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan online dengan cara yang membutuhkan lebih sedikit waktu, usaha, dan uang adalah memfokuskan strategi pemasaran secara online kepada orang yang sering berkunjung (repeat visitor) dari situs web atau toko online.

Perlu diingat, returning visitor berbeda dengan repeat visitor. Returning visitor adalah orang yang berkunjung ke toko setelah sebelumnya pernah setidanya sekali berbelanja di toko tersebut, sedangkan repeat visitor adalah orang yang sudah berbelanja lebih dari satu kali di toko tersebut.

Mengapa repeat visitor? Mereka lebih mungkin berbelanja dibanding pengunjung yang baru pertama kali mendatangi toko, sehingga bisa meningkatkan pendapatan bisnis. Mengutip Verisignberikut ini lima hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan repeat visitor ke situs web atau toko online.

1. Perbarui situs dengan konten segar

Memperbarui konten situs secara rutin akan memberikan sesuatu yang baru bagi pengunjung. Pertimbangkan untuk menyediakan laman “Kabar terbaru?” atau "Tips hari ini”, sehingga situs menyajikan info terkini dari perusahaan.

Jangan lupa memperbarui grafis situs secara berkala agar menyegarkan situs secara keseluruhan.

2. Tawarkan nilai atau diskon tambahan

Pelanggan pada umumnya akan senang bila mendapatkan sesuatu yang eksklusif, yang tidak bisa didapatkan di tempat lain, sehingga mereka merasa spesial dan dihargai. Berikan diskon dan sampel gratis, atau buatlah program loyalty yang memberikan penawaran hadiah. 

1 dari 2 halaman

5 Tips untuk Mendapat Repeat Visitor ke Situs Web dan Toko Online

3. Bersosialisasi dan undang mereka kembali

Bangun dan kembangkan jangkauan media sosial melalu tombol berbagi (share) yang memperkenankan pengunjung situs untuk bergabung atau like akun media sosial. Makin banyak like, shares, dan tweet yang dimiliki, brand awareness akan makin terbangun. Saat konsumen semakin mengenali suatu brand, kemungkinan ia menjadi repeat visitor akan makin besar. 

4. Tetap berhubungan

Tetap berhubungan dan menjaga kontak dengan pengunjung situs, menciptakan rasa memiliki terhadap brand dan rasa aman terhadap situs. Tawarkan mereka pilihan buletin bulanan gratis tentang produk. Ketika alamat email mereka sudah terkumpul, kirimkan penawaran spesial atau harga promo untuk menarik mereka kembali ke situs. Pertimbangkan untuk menambahkan RSS feed juga. 

5. Berikan kepercayaan dan keyakinan

Pada akhirnya dua hal inilah yang diinginkan pengunjung baru dan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan melalui pemberian layanan berkualitas tinggi secara konsisten, memenuhi komitmen pengiriman, dan menyelesaikan masalah secara cepat. 

Sekali pengunjung baru kembali mengunjugi situs Anda, makin besar kemungkinan mereka untuk berbelanja dan berinteraksi lebih jauh. Oleh karena itu, penting untuk memasarkan secara langsung kepada return visitor dan repeat visitor karena sangat mungkin pendapatan dari situs web, sebagian besar akan berasal dari mereka. 

(Why)

Artikel Selanjutnya
Mau Dapat Harga Murah? Ini Dia Waktu Terbaik untuk Belanja Online
Artikel Selanjutnya
Tips Bikin Blog yang Menarik agar Memikat Klien