Sukses

TIK Termasuk 1 dari 5 Industri dengan Lowongan Kerja Terbanyak

Industri teknologi informasi dan komunikasi menjadi satu dari lima industri yang paling banyak membuka lowongan kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Jobplanet, platform yang menawarkan informasi perusahaan dan dunia kerja, merilis hasil riset terbarunya seputar industri yang paling banyak membuka lowongan kerja. Perusahaan asal Korea Selatan itu mencatat, ada 5 industri yang paling banyak memasang konten lowongan kerja pada kuartal pertama 2017 (Januari-Maret).

Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet Indonesia, mengungkap kelima industri ini adalah industri yang mayoritas memang diburu calon pelamar kerja.

“Berdasarkan analisis Jobplanet, lima industri yang paling banyak membuka kesempatan bagi para pencari kerja dalam tiga bulan pertama pada 2017 adalah manufaktur, pelayanan, ritel dan distribusi, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta industri konstruksi dan bangunan,” papar Kemas sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari keterangan resmi Jobplanet.

Rinciannya, manufaktur (21 persen), pelayanan (21 persen), industri ritel dan distribusi (19 persen), TIK (13 persen), serta konstruksi dan bangunan (7 persen). Ada 11.000 konten lowongan kerja yang mereka pasang dari Januari hingga pertengahan Maret 2017.

Sementara, jenis pekerjaan yang lowongannya paling banyak dibuka adalah pekerjaan yang berkaitan dengan bidang pemasaran atau marketing (11,8 persen), keuangan dan akuntansi (11,7 persen), penjualan atau sales (10,3 persen), administrasi (10,3 persen), serta TIK (8,4 persen).

Lowongan di bidang pemasaran, contohnya, tenaga telemarketing, analis pasar, digital marketing specialist, dan staf pemasaran produk. Lowongan di bidang keuangan dan akuntansi antara lain mencakup posisi akuntan, auditor, dan teller bank.

Kemudian, di bidang penjualan, lowongan yang paling banyak dibuka meliputi posisi staf sales executive dan sales ritel. Lowongan kerja di di bidang administrasi antara lain untuk posisi staf admin dan sekretaris. Sementara lowongan kerja di bidang TIK di antaranya untuk posisi web developer, desainer grafis, IT planner, dan data analyst.

Selain itu, Jobplanet juga menganalisis industri yang paling banyak dicari calon pelamar kerja pada kuartal pertama 2017. Analisis dilakukan dari jumlah kunjungan ke laman informasi lowongan kerja via Jobplanet. Kelima industri yang paling diminati tak lain adalah industri manufaktur (29 persen), pelayanan (20 persen), ritel dan distribusi (14 persen), TIK (8 persen), serta perbankan dan keuangan (8 persen).

Kemas menambahkan, walau tak banyak membuka lowongan, industri perbankan dan keuangan pun masuk ke dalam kategori yang paling dicari oleh calon pelamar kerja. "Banyak orang memandang perbankan sebagai industri bergengsi serta memberikan kesejahteraan dan paket kompensasi menarik bagi karyawannya,” pungkas Kemas.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini