Sukses

Kampus UFO Apple Bakal Beroperasi April 2017

Pembangunan kampus Apple tahap pertama mendekati akhir dan rencananya sudah dibuka untuk pegawai pada tahun ini

Liputan6.com, California - Hajatan yang digelar Apple tahun ini tak hanya pengumuman iPad dan iPhone terbaru. Hal lain yang turut diperkenalkan Apple adalah kampus anyarnya yang berada di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Kampus yang disebut memiliki bentuk seperti pesawat luar angkasa dan menelan biaya pembuatan hingga US$ 5 miliar (Rp 65.775 trillun) ini, rencananya akan dibuka pada bulan ini.

Dikutip dari Business Insider, Minggu (2/4/2017), kampus bernama Apple Park ini untuk kali pertama akan dibuka bagi pegawai. Kampus ini juga akan dilengkapi Apple Store dan pusat kunjungan bagi nonpegawai Apple. Namun perusahaan yang kini dipimpin Tim Cook itu belum mengumumkan waktu pembukaan untuk publik.

Fasilitas itu juga dibekali pagar setingkat militer yang melindunginya dari penyusup dan kebisingan. "Gedung utama, parkiran, bioskop, dan pusat kebugaran masih dalam proses pembangunan," tulis perusahaan itu dalam laporan terbaru.

Pegawai dilaporkan akan menghuni kampus tersebut secara bertahap sampai akhir 2017. Sementara pembangunan tahap 2 termasuk bangunan tambahan, diharapkan selesai pada 2018.

Untuk informasi, kampus ini juga kerap dipanggil sebagai 'kota kecil Apple' karena tak sekadar berfungsi kantor, fasilitas ini akan menjadi tempat Apple melangsungkan seluruh aktivitasnya di sana. Ada pula audiotorium superbesar yang nantinya akan menjadi ruangan untuk menghelat gelaran peluncuran produk Apple.

Ide awal pembangunan ini dicetuskan Steve Jobs pada 2011. Sejalan dengan rencana Apple untuk makin dikenal sebagai perusahaan ramah lingkungan, 75 persen fasilitas ini akan disuplai dari listrik yang berasal dari panel solar.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.