Sukses

Selain Google Search, Ini 5 Mesin Pencari Paling Aman

Berikut daftar 5 mesin pencari selain Google yang juga diklaim keamanannya.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dimungkiri, browsing adalah salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan saat pengguna berinternet, baik itu lewat komputer atau smartphone.

Salah satu jendela utama browsing adalah mesin pencari, di mana pencarian informasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Untuk saat ini, mesin pencari yang paling populer tak lain adalah Google, dengan Google Search miliknya. Namun demikian, ada juga sejumlah mesin pencari lain yang diklaim aman dan tetap informatif layaknya Google.

Aman di sini adalah dalam artian di mana mesin mencari tidak dapat melacak pencarian, tidak melacak alamat IP, dan juga tidak menyimpan cookies dan history.

Nah, apa saja mesin pencari tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

1. DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah mesin pencari yang menjaga privasi seputar informasi yang dicari penggunanya. Selain mencari informasi terbaik, mesin pencari ini juga menawarkan sejumlah fitur yang tidak dimiliki Google Search.

2. Startpage

Startpage sebetulnya adalah mesin pencari yang masih menggunakan sistem pencarian dari Google. Bedanya, ia tidak memiliki fitur pelacakan seperti mesin pencarian pada umumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disconnect Search hingga Ixquick

3. Disconnect Search

Disconnect Search adalah mesin pencari yang juga dapat menggunakan mesin dari Yahoo dan Bing. Yang pasti, mesin ini tidak akan melacak jejak pencarian pengguna.

Mesin pencari ini juga hadir dalam versi berbayar untuk PC dan smartphone di mana menawarkan perlindungan ekstra pengguna dari segala jenis malware.

4. Privatelee

Sama halnya dengan tiga mesin pencari di atas, Privatelee mengutamakan privasi pencarian penggunanya. Ia juga tidak membiarkan keyword yang dicari pengguna menjadi rekomendasi ads.

Selain itu, Privatelee juga menawarkan fitur bernama PowerSearch yang membuat pengguna dapat mengonfigurasi sumber pencarian lebih banyak.

5. Ixquick

Ixquick sebetulnya adalah mesin pencari yang juga berada di dalam satu payung perusahaan dengan Startpage. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Artikel telah diubah demi kepentingan pembaca. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.