Sukses

Tanya Tekno: Google Play Store Berhenti Sendiri, Apa Penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Nama saya Muhammad Fajar Rikidayanto. Pertanyaan saya simpel aja. Google Play Store di smartphone Android saya sudah lama tidak saya pakai. Waktu saya ingin download aplikasi, tiba-tiba Google Play Store berhenti sendiri.

Di pengaturan aplikasi, saya coba hapus cache dan hapus data, tetapi tetap saja Google Play Store saya mengalami masalah. Saya juga sudah coba untuk menghapus Google Play Store dan sekarang kembali ke pabrikan semula dengan kode kesalahan RH-01.

Kemudian saya coba download apk Google Play Store sesuai merek smartphone, tapi masih tidak bisa juga. Gimana ya solusinya agar Google Play Store saya kembali bisa digunakan. Smartphone saya Asus Zenfone 2 Laser. Terima kasih. Mohon informasinya.

___

Dalam kondisi seperti ini, kita perlu menganalisis penyebabnya satu per satu. Disarankan untuk melakukan factory reset untuk mengembalikan kondisi smartphone seperti baru. Perlu diingat, factory reset akan menghapus seluruh data di smartphone. Jadi sebaiknya lakukan back up terlebih dahulu terhadap data-data.

Penyebab dari error ini adalah beberapa cache dari Google Play service tidak ter-update secara sempurna.

Pada umumnya cara yang ditempuh untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan melakukan apa yang sudah kamu lakukan, yaitu menghapus data dan cache semua yang berkaitan dengan Google Play. Namun untuk satu dan lain kasus, tindakan ini tidak cukup sehingga perlu dilakukan factory reset ulang.

Dijawab oleh Aatjitra - Opreker

___

Bagi kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silakan kunjungi tautan ini.

(Why)

Artikel Selanjutnya
Bikin Mudik Makin Asyik dengan 5 Aplikasi Ini
Artikel Selanjutnya
Niantic Ungkap Cara Baru Permalukan Cheater di Pokemon Go