Sukses

Jangan Terkecoh, Begini Cara Bedakan Kabel iPhone Asli dan Palsu

Agar tidak terkecoh, simak cara mudah membedakan kabel charger iPhone yang asli dan palsu berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Meski diklaim eksklusif dan dibanderol harga selangit, tidak semua aksesori penunjang perangkat Apple diklaim keasliannya. Buktinya, pada Oktober 2016, perusahaan asal Cupertino tersebut mengajukan gugatan kepada Amazon karena telah menjual aksesori iPhone palsu.

Aksesori palsu berupa adapter, kabel , dan beberapa "perintilan" lainnya ini dibuat oleh perusahaan Mobile Star LLC dan 50 perusahaan produsen perangkat palsu lainnya.

Bahayanya, aksesori palsu yang dijual dapat menimbulkan risiko cukup berbahaya, seperti dapat memanas, korsleting, hingga terbakar. Apple mengklaim telah menguji kelayakan aksesori tersebut dan menemukan sejumlah masalah di sirkuit bervoltase rendah dan tinggi.

Nah, agar tidak terkecoh, ada baiknya kamu pengguna iPhone kembali mengecek keaslian kabel yang digunakan. Laman BGR, Selasa (4/4/2017), merangkum cara mudah membedakan kabel iPhone yang asli dan palsu. Simak triknya berikut ini:

Verifikasi 'Made for iPhone'

Apple memiliki 2 jenis standar produksi aksesori: standar produksi yang dilakukan langsung oleh perusahaan, dan standar di mana mereka memverifikasi aksesori pihak ketiga. Dengan begitu, aksesori resmi yang memiliki standar tersebut sudah pasti memiliki tulisan "Made for iPhone".

Tulisan dan logo Made for iPhone ini bisa ditemukan di boks penjualan aksesori, entah itu earpod yang dijual terpisah, charger baterai, casing, dock atau juga speaker. 

Nah, kabel asli iPhone justru tidak memiliki tulisan Made for iPhone. Pasalnya, satu-satunya aksesori penunjang yang tidak dilabeli tulisan tersebut adalah kabel charger. Jadi, jika kamu menemukan kabel charger yang memiliki embel-embel Made for iPhone, sudah pasti itu palsu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Designed By Apple dan Cek Ujung Kabel

Designed by Apple in California

Selain itu, kabel charger yang asli juga pasti memiliki tulisan "Designed by Apple in California" atau "Assembled in China" di balik kemasan penjualannya.

Tulisan "Assembled in Vietnam" atau "Indústria Brasileira" juga merupakan kode otentik yang menandakan keaslian kabel iPhone. Pastikan tulisan di atas disertai 12 digit nomor seri yang ada di kemasan.

Bedakan Ujung Kabel

Langkah berikutnya adalah membedakan ujung kabel dari Lightning Port. Kabel iPhone yang asli memiliki garis-garis emas yang halus dan tidak menonjol. Material metalnya juga halus dan tidak terasa kasar seperti versi palsu.

Tak hanya itu, ujung Lightning Port kabel asli biasanya berwarna perak dengan garis emas yang mengkilap, berbeda dengan versi palsu di mana Lightning Port-nya berwarna emas kehitaman.

Sementara, ketebalan ujung kabel (material plastik putih) yang asli pasti terasa konsisten, dengan ukuran 7,7 mm x 12 mm, berbea dengan ujung kabel palsu yang tidak konsisten dan ketebalannya tak merata.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.