Sukses

Ikon Roket di Aplikasi Facebook, Apa Fungsinya?

Liputan6.com, California - Dalam beberapa minggu terakhir, pengguna aplikasi Facebook menanyakan kemunculan ikon terbaru yang bertengger di laman "Home". Ikon dengan bentuk roket ini hadir di tengah ikon "News Feed" dan "Friends"Lantas, apa fungsinya?

Seperti dilansir Mashable, Rabu (5/4/2017), ikon dengan nama "Rocket Feed" itu berfungsi sebagai fitur yang menawarkan jenis laman news feed terbaru. Bedanya dengan news feed standar, Rocket Feed menampilkan posting terpopuler dari akun atau laman fanpage yang belum berhubungan dengan si pengguna.

Fitur tersebut diketahui baru hanya muncul di perangkat Android. Pihak Facebook menjelaskan, Rocket Feed menawarkan konten lokal yang diunggah berdasarkan lokasi geografis di mana si pengguna tinggal.

Jadi, segala jenis posting yang muncul di laman Rocket Feed akan berasal dari akun atau laman yang lokasinya tak jauh dari si pengguna.

Fitur ini sebetulnya serupa dengan Tab Explore milik Instagram. Dengan algoritma khusus, Tab Explore memperkenankan pengguna bisa mengeksplor posting dari akun lain yang belum di-follow, posting yang ditemukan juga sudah diurutkan berdasarkan ketertarikan si pengguna.

Ambil contoh, saat si pengguna sering like foto atau video bertemakan pemandangan, posting yang muncul di Tab Explore otomatis juga dengan tema pemandangan.

Rocket Feed bukan satu-satunya fitur teranyar Facebook. Belum lama ini, Facebook juga menggulirkan fitur Stories pada aplikasinya.

Cara kerja fitur yang diklaim serupa dengan Snapchat ini memang sama dengan Instagram Stories dan WhatsApp Stories. Pengguna bisa menangkap foto atau video dalam durasi pendek lewat opsi Stories Bar yang ada di atas laman News Feed.

(Jek/Cas)

Artikel Selanjutnya
Instagram Hadirkan Fitur Anyar Serupa Pinterest
Artikel Selanjutnya
Lagi, Instagram Hadirkan Fitur Snapchat di Layanannya