Sukses

Google Perbarui Program Sertifikasi bagi Pengembang Situs Mobile

Liputan6.com, Jakarta - Google memperbarui program sertifikasinya bagi pengembang situs mobile.

Mengutip Tech Crunch, Selasa (4/4/2017), ujian di program sertifikasi ini mencakup banyak hal, mulai dari dasar-dasar mengapa situs mobile penting, hingga meningkatkan kecepatan load di situs mobile, desain UX mobile efektif, dan topik lainnya di tingkatan lebih lanjut seperti aplikasi web progresif.

Merujuk keterangan Google, bila seseorang lulus di ujian ini, berarti ia memiliki "kemampuan untuk membangun dan mengoptimalkan situs berkualitas tinggi, dan diperbolehkan untuk mempromosikan diri sebagai pengembang situs mobile terakreditasi Google."

Banyak konten di program ini berfokus pada kecepatan load situs. Masih mengacu pada keterangan Google, mayoritas pengunjung situs mobile akan meninggalkan situs, jika waktu load situs itu lebih dari tiga detik. Namun di sisi lain, waktu load rata-rata untuk sebuah landing page versi mobile sebetulnya mencapai 22 detik.

Hal yang patut menjadi perhatian adalah ujian di program ini tidak berfokus pada Android, iOS atau sistem operasi mobile lain secara spesifik. Sebagai gantinya, program ini mencakup proyek Accelerated Mobile Pages milik Google, dan meskipun ini merupakan proyek Google, pihak lain seperti Microsoft juga mulai mendukungnya. 

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Tesla Bakal Punya Layanan Streaming Musik Sendiri?
Artikel Selanjutnya
Browser Private Firefox Focus Kini Hadir di Android