Sukses

XL Bikin 4,5G Xperience Zone untuk Perkuat Layanan Data

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL) terus memperkuat ekosistem layanan data berbasis 4G Long Term Evolution (LTE). Langkah ini merupakan salah satu fokus XL pada 2017, sesuai dengan upaya menjadi penyedia layanan data pita lebar terdepan di Indonesia dan menjadi "Digital Focus Company".

Seiring dengan upaya itu, XL meluncurkan program "4,5G Xperience Zone". Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelanggan tentang teknologi dan layanan lanjutan dari 4G LTE, sekaligus membentuk ekosistem pendukungnya, termasuk dari sisi handset dan device yang mendukung teknologi ini.

"Kami terus mengembangkan ekosistem 4G, termasuk dengan meluncurkan program experience (4,5G Xperience Zone). Melalui ini, kami juga ingin mengedukasi pelanggan tentang teknologi dan layanan 4,5G," jelas Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono, saat ditemui di Gerai XPLOR Jakarta, Rabu (5/4/2017).

XL menyediakan 4,5G Xperience Zone di gerai XPLOR dan XL Center, yang berada di sejumlah kota di berbagai daerah di Indonesia. Tempat-tempat tersebut telah dilengkapi 4,5G Ready BTS, sehingga masyarakat bisa datang untuk mengetahui dan merasakan pengalaman berada di jaringan 4,5G.

BTS 4,5G Ready ini dilengkapi dengan beberapa teknologi pendukung 4,5G yaitu 4x4 MIMO, Modulasi 256 QAM, dan Carrier Aggregation (CA).

Menggunakan sarana 4,5G Xperience Zone, XL juga menyediakan layanan edukasi tentang 4,5G kepada masyarakat luas. Terdapat pajangan beberapa headset yang sudah mulai mendukung beberapa teknologi 4,5G ini.

Masyarakat juga bisa mencoba layanan 4,5G bila smartphone-nya sudah mendukung salah satu atau beberapa teknologi 4,5G, serta bisa juga mengaksesnya melalui sinyal WiFi yang dipancarkan dari Terminal 4,5G Xperience Zone.

XL 4,5G Xperience Zone pada tahap awal tersedia di 20 lokasi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Antara lain wilayah Jabotabek sebanyak 8 lokasi, juga di Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya.

Lalu di luar Jawa ada di Denpasar, Mataram, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Banjarmasin. Pengembangan lebih lanjut akan mengikuti perluasan layanan 4G ke kota-kota besar lainnya.

"Saat ini kami belum identifikasi jumlah pelanggan yang mengakses 4,5G. Tapi kami harapkan jumlahnya akan semakin bertambah," ungkap Rahmadi.

(Din/Isk)

Artikel Selanjutnya
Perkaya Konten untuk TKI, Telin dan KMK Online Jalin Kemitraan
Artikel Selanjutnya
XL Rilis Tarif Roaming Internet Rp 15.000 Seharian